alexametrics

Wow, Rp1.645 Triliun Aset Negara Ada di 'Tangan' Menhan Prabowo

loading...
Wow, Rp1.645 Triliun Aset Negara Ada di Tangan Menhan Prabowo
Kemhan di bawah Menteri Prabowo Subianto memiliki nilai aset tetap negara Rp1.645,56 triliun atau 27,66% dari total nilai aset barang milik negara (BMN). Foto/Dok. SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuanganmengumumkan nilai aset negara paling tinggi yang dikelola di setiap Kementerian dan Lembaga. Direktur Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan, sebanyak 10 kementerian/lembaga (K/L) memiliki nilai aset tetap tertinggi di Indonesia.

"Alhamdulillah sudah selesai diaudit BPK dan opininya WTP. Ada 10 kementerian menguasai hampir 90% barang milik negara (BMN) di Indonesia," kata Encep dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Dia melanjutkan, peringkat pertama diduduki oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang saat ini menterinya adalah Prabowo Subianto. Nilai aset tetap negara "di tangan" Prabowo itu mencapai Rp1.645,56 triliun atau 27,66% dari total nilai aset barang milik negara (BMN).

"Dulu Kementerian PUPR sekarang kesalip karena sekarang aset-aset Kementerian Pertahanan yang dulu di pinggir kota, sekarang di tengah kota, makanya meningkat," jelasnya. (Baca juga:Jokowi Tunjuk Prabowo Urus Lumbung Pangan, Pengamat: Nyaman atau Ngetes?)



Sementara itu, peringkat kedua diisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan nilai aset tetap sebesar Rp1.564,61 triliun, atau 26,3% dari total nilai aset BMN. Lalu, peringkat ketiga adalah Kementerian Sekretariat Negara dengan nilai aset tetap sebesar Rp675,41 triliun atau 9,67% dari total nilai aset BMN di Indonesia. (Baca juga: Diplomasi Secangkir Kopi di Kertanegara)

Keempat adalah Kementerian Perhubungan Rp493,9 triliun atau 8,3% dari total nilai aset BMN. Pososi kelima ada di Kementerian Ristek dan Dikti sebesar Rp399,97 triliun atau 6,72% dari total nilai aset BMN.



Keenam adalah Polri Rp295,66 triliun yang merupakan 4,97% dari total nilai aset BMN, ketujuh yaitu Kementerian Keuangan sebesar Rp114,5 triliun atau 1,92% dari total nilai aset BMN. (Baca juga: Dibicarakan Luhut dan Prabowo, Produksi Rare Earth Dunia Dikuasai China)

Kedelapan diisi oleh Kementerian Agama sebesar Rp98,73 triliun atau 1,66% dari total nilai aset BMN. Kesembilan adalah Kementerian Kesehatan Rp94,19 triliun atau 1,58% dari total nilai aset BMN.
(uka)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top