3 Negara Mayoritas Berpenduduk Muslim Paling Kaya di Asia Tenggara Berdasar PDB Per Kapita

Kamis, 15 Desember 2022 - 18:50 WIB
loading...
3 Negara Mayoritas Berpenduduk Muslim Paling Kaya di Asia Tenggara Berdasar PDB Per Kapita
Predikat Negara yang memiliki populasi pemeluk Agama Islam terbanyak di Asia Tenggara dimiliki oleh tiga negara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Predikat negara yang memiliki populasi pemeluk Agama Islam terbanyak di Asia Tenggara dimiliki oleh tiga negara. Mereka adalah Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia yang mayoritas berada di atas 50 persen.

Selain menyandang predikat negara mayoritas berpenduduk muslim ketiga negara tersebut juga memiliki PDB per kapita yang tinggi. Pendapatan per kapita ini merupakan ukuran jumlah pendapatan yang diperoleh individu yang berada di suatu negara atau wilayah.

Baca juga : Perbandingan Pendapatan per Kapita China dan Rusia, Siapa Juaranya?

Pengukuran pendapatan per kapita ini diperlukan untuk menentukan pendapatan rata-rata per orang untuk suatu daerah dan untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk.

Berikut tiga negara mayoritas berpenduduk muslim paling kaya di Asia Tenggara berdasar pendapatan per kapita yang dilansir dari tradingeconomics :

1. Brunei Darussalam

Brunei berada di posisi pertama dengan total pendapatan per kapita negara USD 29.927 pada Desember 2021 lalu. Meskipun terbesar, namun jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yang sebesar USD 30.697.

Bila diurutkan berdasar peringkat negara di Asia Tenggara dan mengesampingkan negara mayoritas berpenduduk muslim maka Brunei berada di posisi ke dua di bawah Singapura.

Untuk peringkat di Asia sendiri, negara Petro Dollar Asia Tenggara ini menempati posisi ke 9, tepat di bawah Korea Selatan.

2. Malaysia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3425 seconds (0.1#10.140)