Perbandingan Pendapatan per Kapita China dan Rusia, Siapa Juaranya?

Jum'at, 11 November 2022 - 15:02 WIB
loading...
Perbandingan Pendapatan per Kapita China dan Rusia, Siapa Juaranya?
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Rusia dan China adalah dua negara besar dengan latar belakang paham komunis yang kuat. Namun, seiring perubahan zaman, Rusia kini bukan lagi negara komunis, sementara China meski masih negara komunis dalam kesehariannya bisa dibilang menganut kapitalisme.

Satu hal yang pasti, keduanya hingga saat ini sebagai terbilang negara besar. Tak hanya dari luas wilayah, namun juga dari sisi pengaruh dan perekonomian.

Baca Juga: Ekonomi Rusia dalam Angka, Berjalan Lamban Meski Belum Krisis

World Economic Forum (WEF) menyebut perekonomian China mengalami perubahan besar sejak dua dekade silam. Tahun 1992, perekonomian China hanya menempati posisi ke-10 terbesar di dunia. Namun, lonjakan perekonomian di negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu membuat peringkatnya melesat hanya terpaut satu tingkat di bawah perekonomian terbesar dunia: Amerika Serikat (AS).

China juga merupakan negara produktif. Pada tahun 2022 ini, China menargetkan tingkat pengangguran di kota-kota tidak lebih dari 5,5%. Target lainnya juga China bebankan pada indeks harga konsumen, yang harus mencapai sekitar 3%. China juga berencana menambah lebih dari 11 juta lapangan pekerjaan baru, seperti tahun lalu.

Hal itu sejalan dengan peningkatan pengeluaran China pada 2022 yang mencapai lebih dari 2 triliun yuan (USD 316,5 miliar) atau sekitar Rp4.750 triliun. Kementerian Keuangan China juga telah mengeluarkan anggaran masyarakat umum sebesar 13,40 triliun yuan, meningkat 14,3% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Apakah Ekonomi China Lebih Kuat dari Amerika? Simak Penjelasannya

Mengutip data CEIC, produk domestik bruto (PDB) per kapita China mencapai USD12.554,646 pada tahun 2021. Angka ini naik dibanding tahun sebelumnya yang sebesar USD10.409,993. Sementara, pada kuartal III-2022, PDB China mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,9% atau melampaui target sebesar 3,4%.

Di bagian lain, Rusia juga merupakan kekuatan ekonomi yang tangguh. Negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin ini merupakan salah satu yang memiliki PDB di atas USD1 triliun. PDB per kapita Rusia tercatat sebesar USD12.194,769 pada 2021. Dari sisi peringkat, perekonomian Rusia merupakan yang terbesar ke-11 di dunia.

Namun, konflik Rusia dengan Ukraina menyebabkan negara ini dihantam sanksi bertubi-tubi oleh AS dan Uni Eropa. Akibatnya, berdasarkan perkiraan bank sentral negara itu, PDB Rusia akan mengalami penurunan sekitar 3-3,5% dibanding tahun lalu. (MG-Sekar RahmadianaIhsan)
(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2263 seconds (10.177#12.26)