Perbesar Basis Pelanggan lewat Strategi Shop-Entertain Melalui MCN di TikTok Shop

Selasa, 20 Desember 2022 - 16:23 WIB
loading...
Perbesar Basis Pelanggan lewat Strategi Shop-Entertain Melalui MCN di TikTok Shop
Pesatnya perkembangan digital menjadikan media sosial dan e-commerce sebagai platform efektif bagi para pebisnis untuk memasarkan bisnisnya dan menjangkau lebih banyak konsumen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan digital menjadikan media sosial dan e-commerce sebagai platform efektif bagi para pebisnis untuk memasarkan bisnisnya dan menjangkau lebih banyak konsumen. TikTok Shop , solusi e-commerce dari media sosial TikTok, telah menjadi salah satu platform terpopuler yang menghubungkan penjual, pembeli, dan content creator dalam satu ruang.



Hal ini tentunya membantu para pemilik UMKM hingga perusahaan besar dalam peningkatan brand awareness di pasar yang kompetitif melalui strategi content marketing sekreatif mungkin. Sebab hasil penilitian pun menunjukkan bahwa content marketing adalah faktor yang berpengaruh paling besar terhadap peningkatan brand awareness.

Fenomena ini menjadi kesempatan bagi TikTok Shop untuk mengembangkan platform Multi-Channel Network (MCN). Platform ini dibuat untuk kebutuhan pengembangan pasar bagi pemilik bisnis dan berafiliasi dengan providers pihak ketiga yang menghubungkan para pemilik bisnis dengan para content creator sehingga terbentuklah shop-entertain.

Shop-Entertain adalah aktivitas belanja online melalui konten atau live streaming yang menghibur audiens sehingga mereka terbujuk untuk membeli produk yang ditawarkan. Pendekatan shop-entertain yang unik melalui platform MCN di TikTok Shop ini memungkinkan para pemilik bisnis memperoleh basis pelanggan yang lebih besar dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.



Per September 2022, PT Bintang Agency Mediatama berhasil menjadi TOP 1 MCN di TikTok Shop dengan perolehan omzet lebih dari USD2.600.000/bulan. Pada acara TikTok Shop Summit 2022 yang digelar 22-23 November lalu di Jakarta, Bintang Agency pun turut menyandang predikat sebagai TOP 1 MCN Kategori Fashion.

“Pencapaian ini berhasil menjadikan Bintang Agency sebagai agensi nomor satu dengan perolehan omzet tertinggi. Bahkan masih bertahan menjadi TOP 1 MCN dengan penjualan tertinggi pada event 11.11 dan 12.12, dan diperkirakan akan meningkat seiring dengan semakin pesatnya dunia e-commerce Indonesia," ujar Owner Bintang Agency, Fajar Setiawan.

PT Bintang Agency Mediatama berdiri sejak 2019 dengan nama awal Bintang Agency dan usaha perorangan. Namun seiring berjalannya waktu, Bintang Agency berhasil memperbesar ruang lingkupnya menjadi perseroan terbatas (PT). Kantornya sendiri berpusat di kota Bandung dan baru akan mengadakan opening pada akhir Januari 2023 nanti.

“Content marketing menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh di persaingan bisnis yang semakin kompetitif saat ini. Namun, tidak semua pemilik bisnis mahir membuat konten. Bintang Agency hadir untuk menawarkan solusi bagi para pemilik bisnis ini berupa afiliasi promosi produk seperti endorsement, campaign produk, dan pengelolaan akun seller/brand,” tutur Fajar.

Menurut perhitungan setiap bulannya, Bintang Agency dapat menjual lebih dari 600.000 pcs produk dari para kliennya. Fajar mengungkapkan, bahwa pencapaian ini diharapkan bisa terus berkelanjutan dan menunjang para pemilik UMKM hingga perusahaan besar dalam implementasi content marketing, khususnya di TikTok Shop.

“Bintang Agency sebagai salah satu partner MCN resmi TikTok Shop mengelola lebih dari 400 content creator dan telah bekerja sama dengan ribuan seller. Kami bertekad terus berkontribusi membantu para pebisnis dalam kemajuan perekonomian Indonesia di era digital seperti sekarang,” pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)