Bus Makin Bervariasi dan Kian Diminati, Pemesanan Online via Traveloka Naik 3 Kali Lipat

Kamis, 22 Desember 2022 - 20:59 WIB
loading...
Bus Makin Bervariasi dan Kian Diminati, Pemesanan Online via Traveloka Naik 3 Kali Lipat
Warga di Makassar antre menunggu bus. Foto/SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
JAKARTA - Seiring pelonggaran pembatasan, minat masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan juga meningkat. Kondisi infrastruktur jalan termasuk jalan tol yang semakin baik juga membuat transportasi jalur darat kian diminati, baik dengan kendaraan pribadi, sewa, ataupun angkutan umum.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) , hingga kuartal III/2022, ekonomi Indonesia tumbuh 5,40%. Dari sisi produksi, pertumbuhan terbesar terjadi pada lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 20,97%.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mencatat peningkatan yang signifikan pada angkutan bus tahun ini, di mana jumlah penumpang pada Mei 2022 mencapai 194.890 penumpang atau meningkat 210,5% jika dibanding hari biasa pada bulan April sejumlah 62.760 penumpang.

Peningkatan tersebut juga tercermin dalam data pemesanan di platform travel Traveloka yang menyediakan beragam produk perjalanan, termasuk transportasi darat khususnya bus dan travel.

Sebagaimana diketahui, berkat inovasi berbasis teknologi, kini masyarakat semakin mudah untuk melakukan perjalanan dengan bus dan travel karena dapat melakukan pemesanan secara online.

Hal ini sejalan dengan misi pemerintah terkait akselerasi pertumbuhan transportasi di era digital, yang menyediakan kemudahan akses untuk pembelian tiket transportasi, termasuk tiket

CEO of Transport Traveloka Iko Putera mengungkapkan, seiring meningkatnya pemanfaatan teknologi dan digitalisasi khususnya di sektor transportasi, pihaknya melihat adanya peningkatan minat yang tercermin pada peningkatan transaksi bus dan travel.

“Memasuki periode akhir tahun 2022, Traveloka melihat adanya peningkatan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi bus dan travel, khususnya untuk wilayah Jawa dan Sumatera yang meningkat hampir 3 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Kamis (22/12/2022).

Dia menjelaskan, peningkatan minat konsumen pada produk bus dan travel didasari oleh beberapa faktor. Antara lain titik keberangkatan dan jangkauan destinasi lebih dekat dengan konsumen, serta harga tiket bus yang lebih terjangkau.

Hal lain yang menjadi daya tarik adalah kian beragamnya tipe bus yang bisa dipilih, mulai dari luxury bus, sleeper bus, captain seat, hingga single seater.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)