Pandemi Bikin Kegiatan Dunia Usaha Anjlok di Triwulan II

Senin, 13 Juli 2020 - 11:15 WIB
loading...
Pandemi Bikin Kegiatan Dunia Usaha Anjlok di Triwulan II
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengindikasikan kegiatan dunia usaha turun pada triwulan II-2020. Itu tecermin dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) yang minus sebesar 35,75% . Angka itu terkontraksi lebih dalam dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang -5,56%.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan, penurunan kegiatan dunia usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi dengan penurunan terdalam pada sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, dan jasa-jasa.

"Penyebab utamanya adalah penurunan permintaan dan gangguan pasokan akibat pandemi," ujar Onny dalam siaran pers di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Kata dia, sejalan dengan penurunan kegiatan dunia usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan II-2020 tercatat lebih rendah dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

"Sementara itu, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha juga menunjukkan penurunan pada triwulan II-2020, dengan akses terhadap kredit perbankan yang lebih sulit," katanya. ( Baca juga:Efek Corona, Industri Pengolahan Kontraksi Mendalam di Kuartal II )

Secara rinci pada triwulan III-2020, responden memprakirakan kegiatan usaha akan meningkat didukung oleh perbaikan seluruh sektor, dengan SBT sebesar 0,52%. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan kegiatan dunia usaha diprakirakan terutama pada sektor pertambangan dan penggalian, serta sektor Jasa-jasa.

Sementara itu, peningkatan pada sektor jasa-jasa terutama pada sub-sektor administrasi pemerintahan didorong oleh berbagai program pemerintah pusat dan daerah dalam rangka penanggulangan Covid-19.

"Peningkatan pada sektor pertambangan dan penggalian seiring dengan cuaca yang mendukung dan permintaan yang diperkirakan mulai meningkat," imbuhnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)