Jumlah Kunjungan Pasien Non-Covid Bertumbuh, Kinerja SILO Meningkat

Selasa, 10 Januari 2023 - 15:29 WIB
loading...
Jumlah Kunjungan Pasien Non-Covid Bertumbuh, Kinerja SILO Meningkat
RS Siloam mencatat jumlah Inpatient Days dan Jumlah Pasien Rawat Jalan tertinggi pada kuartal III/2022, dibandingkan dengan 10 kuartal sebelumnya.
A A A
JAKARTA - Dalam risetnya per November 2022, analis PT Samuel SekuritasIndonesia Jonathan Guyadi, mencatat bahwa kinerja emiten rumah sakit terimbas penurunanpasien Covid-19. Namun demikian, jumlah kunjungan pasien non-Covid semakin bertumbuh.Salah satunya adalah RS Siloam yang bernaung di bawah PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor kesehatan.

RS Siloam mencatat jumlahInpatient Daysdan Jumlah Pasien Rawat Jalan tertinggi pada kuartalIII/2022, dibandingkan dengan 10 kuartal sebelumnya.Inpatient Dayspada 9 bulan 2022meningkat 8,3% menjadi 587.617 hari dibandingkan dengan 542.772 hari pada 9 bulan 2021.Per September 2022, SILO juga telah melayani lebih dari 2,2 juta pasien rawat jalan, meningkat32,2% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

(Baca juga:Pendapatan Naik 18%, Kinerja Siloam Menguat)

Jonathan menambahkan bahwa angka-angka tersebut mencerminkan pemulihan minat masyarakatdalam pemeriksaan kesehatan di rumah sakit setelah pandemi atau dengan kata lain sebelumnyabanyak memilih untuk menghindari rumah sakit selama pandemi karena takut tertular Covid-19.

Di saat yang sama, kembalinya pasien non Covid-19 ke rumah sakit juga menyebabkan perubahankebutuhan penanganan pasien, dengan meningkatnya permintaan untuk pengobatan kasus yanglebih kompleks, seperti urologi, neurologi, kardiologi, onkologi, dan lain-lain.

Seperti diketahui, per kuartal III/2022, SILO membukukan pendapatan sebesar Rp5,4 triliun,dengan EBITDA Rp1,4 triliun dan laba bersih Rp457 miliar. Kinerja SILO ini tentu saja berimbaspositif terhadap induk usahanya LPKR yang merupakan pemegang saham utama dengankepemilikan 58,05%.

(Baca juga:Manajemen Baru, Kinerja Siloam Hospitals Makin Kuat)

Komisaris Utama SILO sekaligus Group CEO LPKR John Riady mengatakan LPKR melalui SILOberkomitmen untuk terus mengembangkan industri kesehatan di Indonesia. Terlebih lagi,perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh dan kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakintinggi.

“LPKR melalui SILO akan terus melanjutkan ekspansi. Kami memiliki misi untukmemenuhi kebutuhanhealthcaredi Indonesia, dan tentunya berkomitmen untuk terus bertumbuh,”kata John Riady dalam keterangan tertulisanya, Selasa (10/1/2023).
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)