Sri Mulyani Beberkan Pentingnya Reformasi ke Mahasiswa Pasca-Sarjana Harvard

Rabu, 11 Januari 2023 - 11:12 WIB
loading...
Sri Mulyani Beberkan Pentingnya Reformasi  ke Mahasiswa Pasca-Sarjana Harvard
Sri Mulyani membeberkan pentingnya reformasi dalam proses pembangunan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa reformasi yang dilakukan pemerintah bukan hanya sebatas merancang kebijakan yang tepat. Tetapi juga harus dapat menjelaskan dan menyajikan kepada publik soal efisiensi melalui penggunaan teknologi digital.



Selain itu, melakukan disiplin fiskal dan reformasi institusi secara struktural juga menjadi langkah yang sangat penting. Termasuk di dalamnya berupa pemberantasan korupsi, meningkatkan kinerja untuk menjadi lebih transparan dan akuntabel, meski harus dengan melalui proses yang sangat panjang dan tidak mudah.

“Untuk suatu negara agar dapat berkinerja lebih baik, menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan pertumbuhan yang lebih baik, Anda harus bekerja keras, mereformasi birokrasi, memperbaiki infrastruktur, dan meningkatkan sumber daya manusia. Itulah yang kami lakukan dalam konteks tahun perjalanan ini,” ujar Sri saat menerima kunjungan mahasiswa pascasarjana Harvard University, Amerika Serikat (AS), pada Kegiatan Singapore-Indonesia Trek 2023 di Jakarta, dikutip Rabu (11/1/2023).

Di sisi lain, Sri juga mengatakan bahwa Indonesia termasuk suatu negara yang berkinerja relatif baik dalam menghadapi pandemi dan menikmati ledakan komoditas ketika situasi geopolitik mengancam. Indonesia juga melakukan peningkatan penggunaan energi terbarukan dalam menghadapi krisis iklim.

“Itulah yang Indonesia lakukan. Tidak selalu mudah, tetapi reformasi sebenarnya adalah salah satu yang sangat penting, bahkan selama pandemi Indonesia banyak mengadopsi reformasi,” ungkapnya.

Sementara, bentuk reformasi lainya yang juga dilakukan adalah berupa reformasi di bidang perpajakan, reformasi di sektor keuangan, dan perbaikan kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.



“Ini adalah reformasi yang sedang berlangsung. Dan sekali lagi, mereformasi semua infrastruktur, sumber daya manusia, lembaga, kebijakan, sistem demokrasi tidak selalu mudah. Tetapi kami sedang melakukannya dan kami membuat kemajuan yang cukup baik dalam hal ini,” pungkas Sri.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)