Rencana Bandara Bali Baru Diamuk Megawati, Kemenhub pun Mundur

Rabu, 18 Januari 2023 - 18:05 WIB
loading...
Rencana Bandara Bali Baru Diamuk Megawati, Kemenhub pun Mundur
Rencana lokasi Bandara Internasional Bali Utara. Foto/ANTARA/HO-PT BIBU
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) buka suara terkait rencana pembangunan Bandara Bali Utara yang ditentang keras oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri . Kemenhub berpandangan, lebih baik mengembangkan infrastruktur yang sudah ada dibandingkan dengan membangun bandara baru.



"Kita melihat lebih baik mengintegrasikan semua dan mengembangkan semua infrastruktur yang ada dibandingkan membangun bandara yang baru untuk saat ini," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, di kompleks DPR RI, Rabu (18/1/2023).

Adita mengatakan rencana pembangunan bandara baru sebenarnya digunakan untuk industri pariwisata di Pulau Dewata. Akan tetapi, dia mengatakan bahwa untuk mendukung pariwisata di Bali, tidak hanya ada di pelayanan udara saja, sebab masih ada infrastruktur lainnya berupa pelabuhan dan jalan tol.

"Kalau bicara bandara baru di Bali itu sebenarnya dukungan untuk pariwisata. Kalau bicara pariwisata di Bali sebenarnya kita tidak hanya bandara ya, kita juga membangun pelabuhan penyeberangan jalan tol dan sebagainya," kata Adita.

Adita mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus untuk mengembangkan sejumlah infrastruktur yang ada di Bali, seperti memperbesar kapasitas angkut penumpang di Bandara Ngurah Rai dibandingkan membangun bandara baru. Keputusan itu juga lantaran rencana pembangunan Bandara Bali Utara telah dihapus dari daftar Program Stategis Nasional (PSN).

"Nah kita melihat bandara yang ada sekarang ini (Bandara) Ngurah Rai masih bisa ditingkatkan. Jadi tahun ini akan ditingkatkan tiga kali lipat atau sekitar 35 juta kapasitas penumpang per tahun," katanya.

Sebelumnya, Megawati tegas menolak rencana pembangunan bandara baru di Buleleng, Bali Utara. Ia pun mengingatkan pemerintah agar investasi di Pulau Bali jangan hanya menguntungkan investor, tapi juga warga lokal.

Hal ini disampaikan Megawati saat menghadiri pencanangan Renovasi dan Revitalisasi Grand Inna Bali Beach serta penjelasan dan presentasi Pembangunan Rumah Sakit Mayo dan Kebun Tanaman Obat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Bali, Senin (16/1/2023).



Megawati menegaskan penolakannya terhadap pembangunan bandara di Bali utara tersebut. "Saya bilang enggak. Saya mewakili rakyat Bali. Nah ini masukin kalau berani, biarin Bali yang satu-satunya pulau yang PDI Perjuangan. Kenapa sih, kebayang enggak buang duit melulu," kata Megawati.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2741 seconds (0.1#10.140)