Kemenhub Alokasikan Rp36 M untuk Mudik Gratis Pemotor

Kamis, 02 Juli 2015 - 10:38 WIB
Kemenhub Alokasikan Rp36 M untuk Mudik Gratis Pemotor
Kemenhub Alokasikan Rp36 M untuk Mudik Gratis Pemotor
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan dana sebesar Rp36 miliar untuk program mudik gratis bagi pemotor.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, sejak dilakukan pendaftaran online mulai 1 Juni-30 Juni 2015 dan pendaftaran offline dari 15 Juni-1 Juli 2015 telah terdaftar sebanyak lebih dari 20.000 sepeda motor.

Untuk angkutan truk diangkut sebanyak 3.100 unit sepeda motor, untuk angkutan kereta api sebanyak 9.000 unit sepeda motor dan untuk angkutan kapal laut sebanyak 10.000 unit sepeda motor.

"Kegiatan mudik gratis bagi pesepeda motor yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan tahun ini dianggarkan oleh APBN sebesar Rp36 miliar," kata dia di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Seperti tahun sebelumnya, ungkap Jonan, pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun ini masih menjadi fokus kementerian. Diperkirakan pemudik yang menggunakan sepeda motor pada tahun ini lebih dari 2 juta.

"Seperti diketahui, jumlah korban tertinggi kecelakaan di jalan raya selama ini adalah para pengguna sepeda motor. Jumlahnya tinggi," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta semua pihak bekerja sama dalam upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya sambil terus mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor pada saat mudik.

"Saya berharap jumlah kecelakaan yang fatal di jalan raya pada tahun ini dapat berkurang jumlahnya," pungkasnya.

Kemenhub juga telah menyiapkan semua moda transportasi dalam rangka mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penumpang lebaran.

Untuk subsektor transportasi darat telah disiapkan 44.871 bus dan 187 kapal roll on-roll off (roro), termasuk tiga kapal roro berukuran besar yang dioperasikan pada lintas Merak-Bakauheni.

"Pada subsektor perkeretaapian dioperasikan sebanyak 340 rangkaian kereta yang siap melayani masyarakat," tuturnya.

D subsektor perhubungan laut akan dioperasikan 86 kapal perintis dan 74 kapal swasta. Demikian pula, di subsektor perhubungan udara akan dioperasikan sebanyak 450 pesawat dengan kapasitas hampir 300.000 lebih seat/hari untuk penerbangan domestik dan internasional.

"Penyelenggaraan Angkutan lebaran tahun ini diharapkan akan lebih lancar lagi, sejalan dengan dioperasikannya jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Pengoperasian jalan tol Cipali tersebut tentu saja akan mengurangi kepadatan di jalan arteri jalur pantura," katanya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)