22 BUMN Berangkatkan 78.000 Pemudik

Minggu, 12 Juli 2015 - 10:58 WIB
22 BUMN Berangkatkan 78.000 Pemudik
22 BUMN Berangkatkan 78.000 Pemudik
A A A
JAKARTA - Tercatat lebih dari 78.000 peserta mudik diberikan fasilitas mudik bareng badan usaha milik negara (BUMN) pulang ke kampung halamannya pada tahun ini. Fasilitas mudik gratis ini didukung oleh 22 BUMN yang berkoordinasi di bawah Kementerian BUMN.

Dari 22 BUMN tersebut, 16 di antaranya memberikan fasilitas mudik gratis dan enam lainnya sebagai penyedia jasa mudik. Bank BTN bertindak sebagai tuan rumah (host) dalam penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN tahun 2015.

"Kami telah berkoordinasi dengan BUMN lainnya untuk memberikan fasilitas mudik gratis kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian BUMN. Program mulia ini di samping sebagai program CSR masing-masing BUMN sekaligus menindaklanjuti arahan Presiden RI dan Menteri BUMN agar BUMN lebih banyak berperan dalam kegiatan untuk masyarakat," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono usai melepas peserta mudik bareng BUMN di halaman Parkir Timur Senayan, Minggu (12/7/ 2015).

Dari total jumlah pemudik, sekitar 4.000 di antaranya diberikan fasilitas mudik naik kereta api. Kemudian, sekitar 450 pemudik dengan kapal laut dan sekitar 320 pemudik diberikan fasilitas mudik naik pesawat.

Seluruhnya dikoordinasi oleh 22 BUMN yang telah memberikan komitmen dalam program CSR rutin tahunan memberikan fasiltas mudik gratis tersebut, sehingga total seluruh peserta mudik yang didukung oleh 22 BUMN adalah lebih dari 78.000 orang.

"Pemberangkatan mereka bervareasi sesuai dengan komitmen masing-masing BUMN. Memang ada yang diberangkatkan dengan kereta api, kapal laut, pesawat dan bus. Mudik Bareng BUMN ini telah dicatat oleh MURI sebagai rekor mudik dengan peserta terbayak dalam pemberangkatan satu musim," tuturnya.

Maryono menjelaskan, seremoni pelepasan pemudik yang dilakukan pada hari ini adalah dengan memberangkatkan lebih 7.500 pemudik, dengan lebih dari 150 armada bus.

"Ini sebuah tindakan nyata BUMN yang dilakukan secara bersama untuk masyarakat yang akan berlibur di kampung halamannya," imbuh Maryono.

Adapun ke 22 BUMN yang ikut bergabung dalam kegiatan Mudik Bareng BUMN ini adalah Bank BTN, Mandiri, BNI, BRI, Pertamina, Semen Indonesia, Askrindo, Pelindo II, Telkomsel, PGN, Jasa Raharja, Taspen, Jasa Marga, Garuda Indonesia, Pupuk Indonesia, Pelindo III, Telkom, Kereta Api Indonesia, Pelni, Angkasa Pura II, Perum Damri dan ASDP Indonesia Ferry.

Direksi masing-masing BUMN turut mendampingi peserta mudik. Selain itu, Menteri BUMN Rini Soemarno dan beberapa menteri terkait juga ikut hadir pada kegiatan ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3500 seconds (0.1#10.140)