PM Yunani Diberi Waktu Tiga Hari

Senin, 13 Juli 2015 - 10:02 WIB
PM Yunani Diberi Waktu Tiga Hari
PM Yunani Diberi Waktu Tiga Hari
A A A
BRUSSELS - Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras diberikan waktu tiga hari untuk mendorong langkah-langkah penghematan baru dan menjaga peluang Yunani bertahan di zona Eropa.

Menteri keuangan kawasaan Eropa bertemu di Brussels menuntut Yunani melaksanakan reformasi ekonomi sebelum membuka negosiasi lebih lanjut tentang paket bantuan sekitar 74 miliar euro atau USD83 miliar.

Menteri Keuangan Finlandia Alexander Stubb mengatakan, jika Tsipras gagal memenuhi batas waktu, Yunani dapat dikeluarkan dari zona Eropa.

"Yunani sedang diberikan dua pilihan. Ini antara pilihan hitam dan putih," kata Stubb seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (13/7/2015).

Pembuat kebijakan kawasan Eropa memaksa Tsipras untuk mengatasi kesenjangan kredibilitas mereka menjadi hambatan utama untuk mendapatkan pinjaman.

"Situasi ini sangat sulit jika Anda mempertimbangkan situasi ekonomi di Yunani yang memburuk dalam beberapa bulan terakhir, tapi kepercayaan telah hilang," kata Kanselir Jerman Angela Merkel.

Dengan kondisi perbankan Yunani saat ini, Bank Sentral Eropa meninjau berapa lama lagi bisa menjaga sistem keuangan negara itu. Sementara euro jatuh pada awal perdagangan di Asia, turun 0,5% menjadi USD1.1107 pada pagi hari di Sydney.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)