10 Negara Termiskin di Eropa, Salah Satunya Lagi Perang

Rabu, 26 Juli 2023 - 11:31 WIB
loading...
10 Negara Termiskin di Eropa, Salah Satunya Lagi Perang
Ditemukan ada 10 negara termiskin di Eropa. Penting untuk diakui bahwa beberapa negara ini mungkin tampak relatif makmur karena Eropa umumnya adalah benua yang kaya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sekitar 21,7% populasi di Uni Eropa (UE) yang berjumlah sekitar 95.4 juta orang, menurut temuan Eurostat terancam jatuh ke jurang kemiskinan atau pengucilan sosial pada tahun 2021. Data dari Credit Suisse’s Global Wealth Databook 2022, dipakai untuk mengidentifikasi negara- negara termiskin di Eropa .



Secara khusus penilaian ini menyoroti GDP per Adult atau rata-rata pertumbuhan pendapatan kotor per orang dewasa pada tahun 2021. PDB per Adult membantu mengidentifikasi negara-negara dengan tingkat pendapatan rata-rata yang lebih rendah, menunjukkan bahwa individu di negara-negara tersebut mungkin memiliki sumber daya keuangan yang terbatas.



Berdasarkan metrik ini, ditemukan ada 10 negara termiskin di Eropa. Penting untuk diakui bahwa beberapa negara ini mungkin tampak relatif makmur karena Eropa umumnya adalah benua yang kaya.Namun demikian, kemiskinan mencakup berbagai faktor, termasuk ketersediaan kebutuhan penting seperti makanan, air bersih, perawatan kesehatan, pendidikan, perumahan, dan layanan sosial.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kemiskinan di suatu negara, sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai indikator dan ukuran. Aspek-aspek di atas tidak dapat sepenuhnya bisa ditangkap oleh PDB per kapita saja. Berikut daftar 10 negara termiskin di Eropa:

10. Bulgaria

PDB per Adult 2021: USD14,491

Republik Bulgaria berlokasi di Eropa Tenggara, dengan Sofia menjadi Ibu kota negara sekaligus kota terbesar di negara ini. Bulgaria sendiri merupakan anggota organisasi seperti Uni Eropa, NATO, dan Dewan Eropa.

Bulgaria termasuk dalam jajaran negara berkembang, dimana mereka menghadapi tantangan sosial ekonomi yang signifikan karena korupsi dan populasi yang secara bertahap mengalami penurunan hingga menunjukkan krisis demografis. Dengan PDB per orang dewasa sebesar USD14,491 pada 2021, Bulgaria adalah salah satu negara termiskin di Eropa.

9. Montenegro

PDB per Adult tahun 2021: USD12,231

Terletak di Eropa Tenggara, tercatat Montenegro merupakan bagian dari PBB, NATO hingga WTO. Pada tahun 2008, Montenegro mengalami penurunan ekonomi sebagai konsekuensi dari Resesi Global.

Ekonomi Montenegro sangat bergantung pada investasi asing langsung (FDI), sehingga rentan terhadap pengaruh luar dan defisit perdagangan yang berlebihan. Montenegro masuk daftar salah satu negara termiskin di Eropa, dengan PDB per Adult mencapai USD12,231 pada tahun 2021.

8. Serbia

PDB per Adult 2021: USD11,538
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)