Ekonomi Dunia Diprediksi Melambat ke Level Terendah

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 09:09 WIB
Ekonomi Dunia Diprediksi Melambat ke Level Terendah
Ekonomi Dunia Diprediksi Melambat ke Level Terendah
A A A
LONDON - Institut Nasional Penelitian Ekonomi dan Sosial (NIESR) memprediksi, pertumbuhan ekonomi dunia akan melambat tahun ini menuju level terendah sejak krisis keuangan.

Dikutip dari Xinhua, lembaga penelitian ekonomi dan sosial tersebut menurunkan perkiraan ekonomi global untuk tahun ini dan tahun depan. Pada 2015 dan 2016, prediksi pertumbuhan ekonomi direvisi turun masing-masing sebesar 0,2% dan 0,3% menjadi 3,0% dan 3,5%.

NIESR memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini menjadi yang paling lambat sejak krisis keuangam, mencerminkan tren melemahnya pertumbuhan di banyak pasar negara berkembang serta ragu-ragunya pemulihan ekonomi di negara maju.

NIESR juga memangkas proyeksi pertumbuhan untuk Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara berkembang di Asia dan Amerika Latin.

Sementara krisis Yunani telah menjadi fokus utama pembuat kebijakan di zona Eropa. Prediksi pertumbuhan ekonomi di kawasan ini juga telah diturunkan sedikit. Adapun, prospek untuk ekonomi Inggris tidak berubah, sebesar 2,5% pada tahun ini.

NIESR menjelaskan, pertumbuhan ekonomi dunia kemungkinan disebabkan efek dari rendahnya harga minyak serta lebih lambatnya kebijakan moneter yang akomodatif dan konsolidasi fiskal, dengan risiko yang cukup besar. Lembaga ini mencatat bahwa ekonomi Yunani adalah risiko utama bagi pertumbuhan ekonomi dunia.

"Lebih mendasar, krisis Yunani telah menyoroti kekurangan dari pengaturan kelembagaan kawasan Eropa dan menghidupkan kembali keraguan tentang apakah kebijakan moneter Eropa dapat berhasil tanpa integrasi dalam ekonomi, fiskal dan politik dari yang dibayangkan saat ini," ungkap NIESR.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5031 seconds (0.1#10.140)