Rizal Ramli: Kompetisi Proyek Kereta Cepat Ketat Sekali

Senin, 31 Agustus 2015 - 17:23 WIB
Rizal Ramli: Kompetisi Proyek Kereta Cepat Ketat Sekali
Rizal Ramli: Kompetisi Proyek Kereta Cepat Ketat Sekali
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyampaikan, kompetisi merebutkan penggarapan kereta cepat antara Jepang dan China ketat sekali.

"Menurut kami memang ini kompetisi yang ketat sekali,‎ baik China maupun Jepang," ujarnya di Kantor Kementrian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Menurut dia, semakin kompetitif persaingan antara kedua raksasa Asia ini akan lebih bagus bagi Indonesia. Rizal menjelaskan, yang terpenting adalah menguntungkan masyarakat.

"Kita ini bagai gadis cantik yang ditaksir oleh dua pemuda, lagi bingung memilih, tapi yang penting menguntungkan kriteria rakyat," jelas Rizal.

Dia menambahkan, pemerintah tidak ingin pembiayaan proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). karena itu, dibutuhkan garansi dari salah satu pemenang nanti dalam tender pembangunan kereta cepat.

Selain itu, pola pembiayaan, seperti bunga dan pengelolaannya lunak atau tidak. Dia berharap, juga adanya transfer teknologi, sehingga tidak dikuasai puluhan tahun oleh pemenang tender.

"Kita tidak ingin dikelola 30 tahun oleh Jepang atau China. Kita ingin di tengah waktu kontrak, pelan-pelan Indonesia dilibatkan dalam pengelolaan," kata dia.

Terakhir, Rizal menambahkan, tidak terlepas dari adanya komponen lokal yang digunakan. Dia berharap, jangan sampai industri dalam negeri tidak ada kontribusinya.

"China bilang 60% lokal konten. Bagaimana Jepang? Kita adulah," pungkasnya.

Baca:

Kereta Cepat versi China Lintasi Tiga Stasiun di Jakarta

Pengumuman Pemenang Proyek Kereta Cepet Molor
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4638 seconds (0.1#10.140)