Laju Rupiah Diprediksi Tertekan USD

Senin, 05 Oktober 2015 - 08:45 WIB
Laju Rupiah Diprediksi Tertekan USD
Laju Rupiah Diprediksi Tertekan USD
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diperkirakan memiliki peluang tertekan jika tidak ada sentimen positif yang mendukung penguatan.

"Rupiah berpeluang melemah jika tidak ada perbaikan sentimen. Tetap harus dapat menyesuaikan dengan riil lapangan dan mencermati sentimen di pasar," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Senin (5/10/2015).

Dia memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp14.690-Rp14.715/USD. (Baca: Kesalahan BI Ini Dianggap Buat Rupiah Terjun Bebas)

Posisi rupiah akhir pekan lalu berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp14.709/USD, melemah 55 poin dibanding posisi sebelumnya di level Rp14.654/USD. Sementara nilai tukar rupiah berdasarkan data Bloomberg pada akhir pekan lalu di Rp14.646/USD, terapresiasi 44 poin dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp14.691/USD.

Pasca mengalami kenaikan, laju rupiah kembali mengalami pelemahan seiring mulai berkurangnya imbas kebijakan pemerintah dan BI serta deflasi.

Di sisi lain, pelemahan pada sejumlah data-data AS yang dibarengi dengan kembali naiknya harga minyak mentah dunia tidak banyak membuat laju USD mengalami pelemahan meskipun penguatan yang terjadi masih di bawah mata uang yen, eruo, dan Swissfranc. (Baca: Rupiah Diprediksi Bergejolak Jelang Rapat The Fed)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9288 seconds (0.1#10.140)