BNI Ungkap Pinjaman China Cair dalam Waktu Dekat

Kamis, 15 Oktober 2015 - 14:21 WIB
BNI Ungkap Pinjaman China Cair dalam Waktu Dekat
BNI Ungkap Pinjaman China Cair dalam Waktu Dekat
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI, Achmad Baiquni mengungkapkan, pinjaman senilai USD1 miliar atau sekitar Rp13,37 triliun (kurs Rp13.377/USD) dari China Development Bank (CDB) akan cair dalam waktu dekat, sebelum akhir tahun ini.

Baiquni mengemukakan, proyek pertama yang akan dibiayai melalui utang dari Negeri Tirai Bambu adalah proyek IPP listrik.

"Proyek listrik sudah pasti dalam waktu dekat, kemudian pelabuhan. Perusahaan BUMN dan swasta ada, IPP, sudah jalan terus ini. Tidak perlu akhir tahun, ini sudah jalan terus kan," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Dia menjelaskan, BNI sudah menyampaikan proyek itu kepada pihak CDB. Sementara, bank asal China tersebut sudah meneliti proyek yang akan dibiayai. (Baca: BNI Salurkan Kredit Rp307 Triliun Selama Sembilan Bulan)

"Kita untuk mencairkan utang itu harus ada kewajiban kita menyampaikan proyeknya yang sedang diproses dalam waktu dekat. Sudah kita sampaikan, mereka teliti," jelas Baiquni.

Untuk proyek kereta cepat tidak termasuk ke dalam pembiayaan. Kendati demikian, jika seandainya bisa masuk, perseroan akan melihat seberapa banyak berpartisipasi

"Kalau sudah jalan, kita lihat dapat kesempatan tidak karena business to business dengan konsorsium di sini dan China, kita lihat berapa banyak kita bisa berpartisipasi," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8031 seconds (0.1#10.140)