OJK Ingin Bank Jauhi Kredit ke Perusahaan Rusak Lingkungan

Senin, 23 November 2015 - 16:25 WIB
OJK Ingin Bank Jauhi Kredit ke Perusahaan Rusak Lingkungan
OJK Ingin Bank Jauhi Kredit ke Perusahaan Rusak Lingkungan
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginginkan perbankan untuk menjauhi pemberian kredit kepada sektor industri yang merusak lingkungan. Hal ini akibat beberapa organisasi menuding industri jasa keuangan ikut serta memuluskan terjadinya kerusakan itu.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menyampaikan, industri jasa keuangan supaya tidak memberi pembiayaan kepada perusahaan perusak lingkungan.

"Untuk itu, kami akan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendata perusahaan perusak lingkungan," ujarnya di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Ke depannya, lanjut Muliaman, jangan harap perusahaan yang merusak lingkungan dapat memperoleh pembiayaan dari perbankan.

"Jadi ke depan, perusahaan-perusahaan yang merusak lingkungan itu jangan harap bisa dibiayai serta kita kerja sama dengan menggunakan amdal (analisis dampak lingkungan) dan sebagainya," jelas dia.

Muliaman menambahkan, OJK tidak ingin program ini hanya berdampak untuk jangka pendek tapi bisa menengah hingga panjang agar pembangunan bisa berkesinambungan.

"Pembangunan yang kita sasar yang sustainable dan berkesinambungan dan kita tidak ingin mengambil keuntungan supaya cepat. Jadi, akhirnya merugikan dan merusak lingkungan, sehingga nanti tidak kesinambungan," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9474 seconds (0.1#10.140)