Menkeu Ramal Ekonomi Negara Maju 2016 Akan Membaik

Senin, 11 Januari 2016 - 14:25 WIB
Menkeu Ramal Ekonomi Negara Maju 2016 Akan Membaik
Menkeu Ramal Ekonomi Negara Maju 2016 Akan Membaik
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro meramal ekonomi negara-negara maju akan membaik tahun ini, dan berdampak baik bagi Indonesia. Di mana sektor perdagangan Indonesia melalui ekspor impor akan pulih dan menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Bambang menampik jika ada yang beranggapan bahwa 2016 akan lebih jelek jika dibanding 2015 dari sisi pertumbuhan ekonomi. Dia mengatakan, masih terlalu dini untuk berspekulasi demikian.

"Sekarang masih terlalu awal untuk bilang 2016 akan lebih jelek dibanding 2015. Karena perkiraannya negara-negara maju di 2016 akan lebih membaik di 2016," kata dia di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta, Senin (11/1/2016).

Meski demikian, tetap ada beberapa negara emerging market yang kemunginan tidak lebih baik dari 2015. Bambang berharap, hal tersebut tidak akan terjadi pada Indonesia.

"Jadi sekarang tinggal seberapa kuat pertumbuhan negara maju bisa mengkompensasi perlambatan di emerging market," kata dia.

Belum lagi, harga-harga komoditas masih akan sama kondisinya seperti sebelumnya, tetap akan rendah seperti tahun lalu‎. Maka pemerintah akan melakukan tiga hal untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di tengah kelesuan harga komoditas.

"Pertama kita perkuat governance spending. Itu masih harus karena itu sebagai penggerak perekonomian. Terus kita dorong investasi masuk karena itu potensinya besar, dan mungkin kita harus mengubah pola ekspor kita menjadi final goods atau consumption goods dan tidak lagi bergantung pada barang komoditas," pungkas Bambang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4046 seconds (0.1#10.140)