Soal Harga Uap, Pertamina Ajak PLN Nyambung dengan IPP

Selasa, 02 Februari 2016 - 10:42 WIB
Soal Harga Uap, Pertamina Ajak PLN Nyambung dengan IPP
Soal Harga Uap, Pertamina Ajak PLN Nyambung dengan IPP
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) ingin mengajak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam kesepakatan harga uap panas bumi yang ditawarkan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau PLTP.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan, sering terjadi persoalan terkait kesepakatan harga uap antara kedua perusahaan BUMN itu. Juga, menyangkut perusahaan yang masuk ke sektor bisnis listrik swasta Independent Power Producers (IPP).

"Seringnya lama putuskan harga uap ke IPP sehingga dengan Ibu Menteri BUMN (Rini Soemarno) dan PLN, kami coba supaya cepat kami maju saja dalam perkembangan geothermal ke depan. Pertamina dan PLN agar nyambung dengan IPP," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Dwi mengatakan, sering macetnya kesepakatan harga uap ini bahkan membuat Pertamina melakukan pendekatan langsung kepada perusahaan yang bersangkutan, seperti di Aceh.

"Karena sering macet dengan harga uap bahkan di Aceh rencana pabrik semen dekat kita jajaki geothermal ke Pertamina langsung. Suplai ke pabrik semen IPP-nya," kata dia.

Sementara, kata Dwi, utilisasi penggunaan pembangkit listrik tenaga geothermal di Indonesia masih sangat minim akibat terkendala masalah Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

"Mengenai geothermal, yang sekarang terutilisasi 5% dari potensi di Indonesia. Salah satu problem masalah lingkungan hidup dengan Kementerian Lingkungan Hidup sudah dibicarakan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6921 seconds (0.1#10.140)