Kelangkaan SDM dan Kematangan Digital Jadi Tantangan Inovasi Perbankan

Kamis, 25 April 2024 - 22:19 WIB
loading...
Kelangkaan SDM dan Kematangan Digital Jadi Tantangan Inovasi Perbankan
Transaksi digital banking yang semakin subur menghadirkan tantangan tersendiri bagi industri perbankan. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Transaksi digital banking yang semakin subur menghadirkan tantangan tersendiri bagi industri perbankan berbasis teknologi terutama terkait kematangan digital masyarakat yang masih rendah dan langkanya talenta di bidang teknologi digital.

Berdasarkan kajian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Indeks Literasi Digital Nasional tahun 2023 meningkat menjadi 3,65 dari 3,54 pada tahun 2022 (dalam skala 5 poin). Meskipun meningkat, namun kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara umum masih perlu ditingkatkan.

Untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, PT Bank Jago Tbk sebagai bank berbasis teknologi melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk meningkatkan literasi digital keuangan sekaligus menghasilkan bibit-bibit unggul di bidang digital yang siap kerja.

"Salah satu tantangan utama industri perbankan digital saat ini adalah langkanya talenta digital, selain juga kemampuan bank mengadopsi teknologi yang berkembang pesat serta kematangan digital masyarakat yang perlu ditingkatkan," ujar Head of People & Culture Bank Jago Pratomo Soedarsono, dalam kuliah umum Universitas Prasetiya Mulya baru-baru ini.



Pratomo atau yang biasa dipanggil Tommy menilai, tidak semua segmen nasabah memiliki tingkat kematangan digital yang sama. Nasabah dengan kematangan digital yang rendah relatif masih memerlukan kehadiran fisik bank, meskipun tidak harus selalu dalam bentuk kantor cabang.

"Sebagai bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem digital, Bank Jago meluncurkan Aplikasi Jago untuk membantu semakin banyak orang agar punya kematangan digital keuangan yang semakin baik. Kami juga aktif memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat khususnya generasi muda, sebagai bentuk kontribusi kami untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia," jelas Pratomo.

Menurut Tommy, agar perbankan dapat sepenuhnya terdigitalisasi maka sistem perbankan maupun sumber daya manusianya memerlukan perubahan pola pikir dan budaya, yang didukung oleh kemampuan digital yang mumpuni. Masalahnya, terdapat keterbatasan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang teknologi digital serta ketidaksesuaian keterampilan antara yang tersedia dengan yang dibutuhkan (supply and demand) terhadap talenta digital di Indonesia.

"Kami di Bank Jago sejak 2021 cukup struggle dalam mencari digital talent. Dari ribuan yang kami tes dan seleksi, yang lolos itu cuma sekian persen, sedikit sekali," ungkap Tommy.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Bank Jago menginisiasi sejumlah program untuk mengedukasi sekaligus menjaring SDM-SDM berkualitas yang dibutuhkan industri digital, khususnya bank berbasis teknologi. Salah satunya meluncurkan Jago Digital Academy, program pembelajaran mandiri berbasis digital hasil kolaborasi dengan partner-partner strategis dan perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)