JK: Kesenjangan Desa dan Kota Sudah Lampu Kuning

Sabtu, 13 Februari 2016 - 18:24 WIB
JK: Kesenjangan Desa dan Kota Sudah Lampu Kuning
JK: Kesenjangan Desa dan Kota Sudah Lampu Kuning
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengakui kesenjangan sosial antara desa dan kota sudah masuk kategori lampu kuning. Hal ini tercermin dari meningkatnya angka gini ratio di perkotaan. Salah satu penyebabnya yaitu perbedaan fasilitas hunian.

Ada kesenjangan antara di desa dan di kota. Kesenjangan ini sudah lampu kuning. Kondisi ini terlihat dari gini rasio yang meningkat di perkotaan. Salah satu yang menyebabkan itu adalah perbedaan fasilitas hunian.

JK menjelaskan, di pedesaan tidak terlalu terlihat adanya perbedaan tingkat hunian. Semua orang nyaris memiliki jenis rumah yang sama. "Kalau di pedesaan tidak terlalu terlihat. Semua orang punya rumah yang nyaris sama," ujarnya di Jakarta, Jumat (13/2/2016).

Sementara di Jakarta, lanjut JK, kemiskinan bisa dijumpai di tengah banyaknya rumah mewah. Hunian kumuh di sepanjang sungai sering terkena banjir ketika hujan deras datang.

"Justru di Jakarta kemiskinan bisa dijumpai. Banyak rumah mewah tapi di Ciliwung rumah-rumah sangat kumuh dan selalu banjir," katanya.

Dia menambahkan, kesenjangan ini tidak hanya terjadi di Jakarta tapi juga kota besar lainnya. Ekonomi yang sedang tertekan di desa membuat tingkat urbanisasi makin tinggi.

"Kesenjangan ini terjadi di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia. Setiap tahun terjadi urbanisasi. Ekonomi pertanian makin kecil maka orang pindah ke kota. Akibatnya kota makin padat," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3905 seconds (0.1#10.140)