Libur Panjang, Dirut AP II Justru Lembur Awasi Pelayanan Bandara

Jum'at, 06 Mei 2016 - 20:04 WIB
Libur Panjang, Dirut AP II Justru Lembur Awasi Pelayanan Bandara
Libur Panjang, Dirut AP II Justru Lembur Awasi Pelayanan Bandara
A A A
JAKARTA - Di saat sebagian besar masyarakat menikmati libur panjang, para pekerja PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) justru bekerja ekstra keras melayani penumpang di bandara. Bahkan, Direktur Utama (Dirut) AP II Budi Karya Sumadi turut turun tangan mengawasi pelayanan di bandar udara.

Budi menuturkan, sebagai BUMN yang bertanggung jawab mengelola bandara, pelayanan untuk para penumpang pesawat harus dijamin AP II, apalagi saat libur panjang.

Dia blusukan mengecek perkembangan proyek Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada pagi hari. Kemudian siang harinya Budi mengecek pelayanan penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta.

Budi tak berpenampilan mencolok saat blusukan di Terminal 2. Berkemeja putih garis-garis dengan lengan panjang yang digulung sedikit, tampak seperti pengunjung bandara.

Masalah yang paling mendapat sorotan dari Budi adalah delay management. Sebagai pengelola bandara, AP II berupaya mendorong maskapai-maskapai agar tidak terlambat (delay).

Sebab, penerbangan-penerbangan selanjutnya akan ikut terganggu bila ada satu penerbangan yang mengalami keterlambatan. Jika ada keterlambatan, penumpukan penumpang di bandara tak terelakan.

"Memang pertama kali yang saya cek adalah aksesibilitas. Sekarang sudah lebih baik, kita kontrol mengenai delay management, kita support maskapai untuk tepat waktu. Kalau dari pagi delay, sampai malam delay semua," kata Budi di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (6/5/2016).

Dia berupaya mempercepat proses check in di bandara. Misalnya dengan mendorong maskapai membuat layanan self check-in, membuat city check-in, dan kesiapan layanan di bagasi. Proses check-in yang cepat membantu maskapai supaya tidak delay.

"Kita bantu mereka (maskapai) on time. Ada beberapa yang kita inisiasi. Misalnya, kita upayakan city check-in di beberapa tempat, sekarang ada di Senayan dan Kemayoran. Kita juga minta mereka membuat self check-in, itu harus diperbanyak," cetusnya.

Selain itu, Budi juga mengecek fasilitasi-fasilitas yang ada di bandara, misalnya kebersihan toilet, ketertiban di ruang tunggu. Sikap petugas bandara kepada para penumpang juga diawasinya. "Yang umum kita cek juga, seperti toilet, ruang publik, petugas di sini ramah atau tidak," imbuhnya.

Selesai mengecek pelayanan di Terminal 2, Budi bersiap-siap untuk terbang ke Medan. Di Medan, dia akan mengecek fasilitas dan pelayanan di Bandara Kualanamu, serta menyiapkan pembangunan Bandara Silangit di Tapanuli Utara.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8501 seconds (0.1#10.140)