Sambut Ramadan, Pemkab Kulon Progo Gelar Pasar Tahunan

Jum'at, 13 Mei 2016 - 02:10 WIB
Sambut Ramadan, Pemkab Kulon Progo Gelar Pasar Tahunan
Sambut Ramadan, Pemkab Kulon Progo Gelar Pasar Tahunan
A A A
KULON PROGO - Setiap bulan Ramadan, takjil menjadi pilihan utama masyarakat yang menunaikan puasa untuk berbuka. Mulai dari kolak, kurma, kue bingka tersaji di pasar-pasar. Begitu pula dengan produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, lantas menginisiasi pembentukan pasar Ramadan selama bulan puasa di Alun-alun Wates sisi barat dan utara. Pemkab menyatakan ini akan menjadi ajang pasar tahunan. Dan harus menyediakan alternatif kuliner dan tempat ngabuburit bagi masyarakat. Dan yang tidak kalah penting, makanan yang disajikan wajib memiliki kandungan gizi dan higienis.

“Tahun lalu Pasar Ramadan ada di Pasar Sentolo, mulai tahun ini akan di Alun-alun Wates tetapi di Sentolo juga ada,” jelas Kepala Disperindag dan ESDM Kulon Progo, Niken Probolaras, Kamis (12/5/2016).

Dinas memprediksi pasar ini mampu menampung 85 pedagang dari kalangan UMKM dan koperasi. Makanan yang disajikan akan menggunakan tempat kuliner yang sudah memiliki nama dan terkenal. Pasar ini akan dibuka mulai puku 14.00 WIB agar PNS yang pulang kerja bisa membeli menu untuk berbuka.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan Pasar Ramadan ini akan menjadi tempat ngabuburit. Setiap tempat pedagang akan disediakan tenda cantik agar lebih menarik. “Kami persilakan UMKM atau koperasi yang mau ikut meramaikan,” terangnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4609 seconds (0.1#10.140)