Agus Marto Yakin Dampak Brexit ke Rupiah Hanya Sementara

Jum'at, 24 Juni 2016 - 14:46 WIB
Agus Marto Yakin Dampak Brexit ke Rupiah Hanya Sementara
Agus Marto Yakin Dampak Brexit ke Rupiah Hanya Sementara
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menilai dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit terhadap rupiah hanya sementara (temporary). Rupiah juga masih terbilang stabil meski pada hari ini terjadi pelemahan dari kemarin Rp13.260/USD ke level Rp13.400/USD.

Menurutnya, hal tersebut wajar karena karena memang ada flight to quality, yaitu beralihnya investor untuk menaruh investasi ke negar-negara yang risiko investasinya terbiLang aman.

(Baca: Rupiah Siang Longsor, IHSG dan Bursa Asia Hancur)

"Kita meyakini ini sifatnya sementara, wajar saja. Hari ini rupiah melemah karena memang ada fenomena flight to quality. Jadi kemungkinan besar, karena itu rupiah kita melemah 1% untuk hari ini," kata dia di Gedung BI, Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Di sisi lain, hubungan perdagangan Indonesia dan Inggris tidak begitu besar apalagi dari sisi ekspor. Namun, dampak keuangannya pasti ada yaitu dalam bentuk aliran dana. "Jadi, secara umum kita harus tetap mengikuti fenomena-fenomena tersebut," kata Agus.

Namun demikian, kata dia, Inggris tidak bisa keluar begitu saja dari Eropa lantaran harus menunggu hasil referendum yang akan keluar dari Uni Eropa. Jadi, tidak langsung otomatis keluar.

"Itu nanti ada namanya Uni Eropa Treaty. Dia (Inggris) harus buat permintaan ke Uni Eropa untuk keluar. Dan nanti ada proses negosiasi. Pada saat itu akan dibicarakan, bagaimana soal tarif, bagaimana kalau melakukan migrasi, nontarif barier. Itu jangka waktunya dua tahun. Implikasinya biasanya dalam jangka panjang," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8224 seconds (0.1#10.140)