Harga Minyak Turun Karena Prospek Pasokan Membaik

Kamis, 30 Juni 2016 - 11:04 WIB
Harga Minyak Turun Karena Prospek Pasokan Membaik
Harga Minyak Turun Karena Prospek Pasokan Membaik
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia turun di perdagangan Kamis (30/6/2016), karena kekhawatiran atas pemogokan buruh di Norwegia sudah selesai dan perundingan di Nigeria, antara pihak pemerintah dan pemberontak membuat produksi minyak membaik.

Reuters pada Kamis pagi ini mengabarkan, harga minyak berjangka Internasional Brent diperdagangkan turun 51 sen atau 1% ke level USD50,10 per barel pada 01:26 GMT. Di Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 38 sen atau 0,76% pada USD49,50 per barel.

Para pedagang mengatakan harga yang lebih rendah adalah akibat dari pandangan pasokan membaik. Data dari Direktorat Petroleum Norwegia menyebut masalah kekhawatiran atas pemogokan pekerja migas di sana sedang dalam penyelesaian.

Perundingan damai juga dilakukan salah satu produsen minyak dunia, Nigeria. Aksi kekerasan membuat infrastruktur minyak jatuh hingga 600.000 barel per hari sepanjang Januari dan pertengahan Juni, dimana sebelumnya mencapai 1,25 juta bph.

“Bila gencatan senjata ini berkelanjutan akan membuka jalan bagi output yang lebih tinggi, dimana pemerintah optimistis produksi minyak kembali normal pada akhir Juli,” kata Goldman Sachs, meski mewanti-wanti tentang kemungkinan terjadinya kembali serangan. Sebelum ada gangguan keamanan, bahkan produksi minyak di Nigeria mencapai 2 juta barel per hari.

Goldman Sachs menambahkan bahwa gangguan produksi dari kebakaran hutan Kanada sejak Mei, yang mencapai puncaknya sekitar 1,5 juta barel per hari, akan pulih dalam beberapa bulan mendatang.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6389 seconds (0.1#10.140)