BI Optimistis Paket Kebijakan Bakal Tingkatkan Investasi dan Ekspor

Kamis, 28 Juli 2016 - 01:22 WIB
BI Optimistis Paket Kebijakan Bakal Tingkatkan Investasi dan Ekspor
BI Optimistis Paket Kebijakan Bakal Tingkatkan Investasi dan Ekspor
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, percepatan implementasi paket kebijakan pemerintah diharapkan dapat meningkatan investasi dan ekspor.

Agus menjelaskan bahwa optimisme ini didukung oleh banyak sinyalemen lain, seperti penguatan rupiah, inflasi yang terjaga, stabilitas sistem keuangan yang baik dan juga kebijakan pemerintah seperti Amnesti Pajak yang membuka potensi repatriasi dana dari luar negeri ke dalam negeri.

Bekas menteri keuangan ini melanjutkan bahwa dampak dari kebijakan ekonomi yang harmonis akan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih lanjut.

"Di semester kedua ini sektor swasta diharapkan akan bangkit, kita harapkan sektor properti lebih tumbuh, baik yang dibiayai keuangan konvensional mapun keuangan syariah,” terangnya di Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Presiden Joko WIdodo beserta tim ekonominya telah mengeluarkan Kebijakan Ekonomi Paket Tahap I-XII. Data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Juni 2016) mengungkapkan, bahwa ada 203 peraturan tentang Kebijakan Ekonomi Indonesia dalam Paket Tahap I-XII yang masuk daftar deregulasi.

Di antara kebijakan yang telah diregulasi termasuk di antaranya revitalisasi industri modal ventura, pembiayaan konsorsium untuk industri yang berorientasi ekspor serta bisnis kreatif dan mikro.

Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah dalam melakukan pengkajian menyeluruh dan menyisir seluruh basis data kebijakan serta rencana aksi pascaimplementasi.

Sementara itu, Rektor Universitas Trilogi (dulu STEKPI), Asep Saefuddin ikut menekankan bahwa karena ekonomi itu masuk ranah soft science, maka tidak bisa 100% in agreement, selalu ada pro dan kontra.

"Oleh karena itu dia menekankan bahwa kebijakan harus dikaji terus dan pemerintah harus terbiasa dengan temuan-temuan kajian tersebut," papar dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2444 seconds (0.1#10.140)