Usai Jakarta-Bandung, Luhut Wacanakan Kereta Cepat Bandung-Surabaya

Kamis, 22 Juni 2023 - 16:43 WIB
loading...
Usai Jakarta-Bandung, Luhut Wacanakan Kereta Cepat Bandung-Surabaya
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewacanakan pembangunan kereta cepat Bandung-Surabaya, setelah Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) beroperasi. Foto: SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewacanakan pembangunan kereta cepat Bandung-Surabaya, setelah Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) beroperasi.

"Kami sudah minta, dan nanti akan kami laporkan ke Presiden, preliminary study untuk Bandung sampai ke Surabaya," kata Luhut saat uji coba KCJK Halim-Tegalluar-Halim, Kamis (22/6/2023).

Menurut Luhut, dengan pengalaman pembangunan KCJB, banyak transfer ilmu yang telah didapatkan para SDM yang terlibat di dalamnya. Dengan begitu, jika pembangunan kereta cepat Bandung ke Surabaya terealisasi, akan banyak penghematan anggaran.



"Tadi juga Pak Liu setuju mengenai itu dan kemudian dengan hilirisasi akan banyak material yang tidak perlu kita impor lagi, akan kita gunakan dalam negeri. saya kira ini akan membuat terobosan-terobosan baru di Republik ini," tegas dia.



Dengan pembangunan infrastruktur yang masih dan berteknologi tinggi, Indonesia bisa mengikuti Tiongkok, karena mereka sudah jauh lebih maju. Tiongkok bisa share teknologi ke Indonesia.

Diketahui, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan beserta sejumlah pejabat lainnya melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Kamis (22/6/2023).



Tak hanya Luhut, pejabat lainnya yang ikut uji coba KCJB rute Halim-Tegalluar-Halim adalah Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi.

Luhut berangkat dari stasiun Halim pada pukul 09.19 WIB. Di beberapa stasiun, Luhut kemudian meninjau sejumlah fasilitas dan sarana di stasiun Tegalluar. Pada uji coba ini, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melaju dengan kecepatan 355 kilometer per jam dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9919 seconds (0.1#10.140)