KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Tahun 2025

Jum'at, 26 April 2024 - 15:21 WIB
loading...
KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Tahun 2025
Stasiun Karawang akan siap beroperasi melayani penumpang kereta cepat mulai tahun 2025. FOTO/Iqbal DP
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan stasiun Karawang akan beroperasi melayani penumpang mulai tahun depan. Pengoperasian stasiun tersebut menunggu jalan akses yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan dari sisi konstruksi, stasiun Karawang sudah rampung dibangun, dan sudah siap untuk melayani penumpang. Namun dari sisi aksesibilitas, hingga saat ini masih dalam proses pembangunan oleh pemerintah dan PT KCIC.



"Semua fungsi operasional sudah berjalan, hanya fungsi untuk melayani penumpang yang belum kita lakukan," ujar Eva di Stasiun KCIC Karawang, Jumat (26/4/2024).

Lebih lanjut, Eva menjelaskan nantinya akan ada 3 akses jalan menuju stasiun Karawang. Pertama tersambung dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai dari KM 42. Kedua, jalan Akses Kawasan Trans Heksa Karawang (THK), dan ketiga Jalan akses dari Kota Deltamas.

Adapun jalan akses melalui Tol Japek, akan dibangun oleh Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga (Persero), sedangkan untuk akses kawasan THK dan Kota Deltamas akan dikerjasamakan oleh PT KCIC.



"Kita berharap tahun depan sudah bisa beroperasi Stasiun Karawang. Nanti kita infokan lagi karena pasti nanti bisa jadi lebih cepat ataupun bisa terlambat sedikit," jelas Eva.

Eva mengatakan, saat ini proses pembebasan lahan untuk pembangunan akses dari Kawasan THK dan Kota Deltamas sudah mencapai 80%. Sebab mayoritas lahan sudah dalam penguasaan masing-masing penguasaan, hanya tersisa beberapa unit rumah yang saat ini masih bersengketa.

Eva optimistis, kehadiran 3 jalan akses itu akan mendongkrak jumlah penumpang KA Cepat Whoosh secara akumulatif. Lokasi stasiun tersebut menurutnya memiliki posisi yang cukup strategis yang menghubungkan masyarakat dari kota Deltamas maupun yang berada di Kawasan THK serta kawasan wisata di Karawang.

"Pertumbuhan sektor pariwisata kalau kita melihat juga cukup besar di Karawang. Mudah-mudahan dengan adanya stasiun Karawang ini itu bisa menumbuhkan jumlah volume penumpang di KCIC, kita harapkan bisa lebih dari 30%," tutup Eva.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)