Permudah Transaksi Pedagang Pasar, BTN Terbitkan eRetribusi

Senin, 03 Oktober 2016 - 10:15 WIB
Permudah Transaksi Pedagang Pasar, BTN Terbitkan eRetribusi
Permudah Transaksi Pedagang Pasar, BTN Terbitkan eRetribusi
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat. Kini, para pedagang pasar menjadi sasaran perbaikan layanan BTN khusus untuk pembayaran retribusi pasar.

BTN akan menerbitkan eRetribusi untuk pedagang pasar yang sekaligus akan mempermudah dalam transaksi para pedagang dalam pembayaran retribusi pasar. "Ini pilot project dari rencana yang akan kita lakukan untuk bagaimana secara nasional BTN memberikan layanan eRetribusi untuk seluruh pedagang pasar di Indonesia," kata Direktur Utama BTN Maryono dalam rilisnya di Jakarta, Senin (3/9/2016).

Menurutnya, hal itu pertama kali yang dilakukan perseroan dan akan menjadi pilot project untuk dapat dilaksanakan secara nasional. "Kita akan melakukan penjajagan untuk bagaimana layanan ini bisa kita sinergikan dengan pemerintah daerah lain di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Program eRetribusi pasar juga merupakan implementasi dari dukungan terhadap program pemerintah dalam gerakan nontunai. Termasuk juga implementasi dari pengembangan bisnis Bank BTN dalam pengembangan digital banking. eRetribusi pasar akan dilakukan di seluruh pasar tradisional di kota Surakarta.

Ini akan mempermudah pelayanan para pedagang di samping memaksimalkan pendapatan daerah secara system yang dapat dipertanggunjawabkan. Di samping itu, ada tujuan efisiensi dari sumber daya manusia, pengadaan karcis retribusi termasuk waktu akan banyak dihemat yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas kegiatan bisnis sehari-hari.

Maryono menambahkan eRetrubusi ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan masyarakat pedagang pasar kepada perbankan. Pihaknya juga ingin para pedagang nanti pada akhirnya juga gemar menabung untuk masa depannya.

"Untuk itu ke depan kita juga akan memberikan fasiltas kredit kepada para pedagang untuk mengembangkan usaha atau kiosnya. Termasuk dalam hal ini fasilitas kredit untuk rumah bagi para pedagang," ujar dia.

Dia menyambut positif kerja sama dengan pemerintah daerah kota Surakarta atas prakarsa untuk melakukan seluruh retribusi di kota Surakarta nantinya secara elektronik. "Bank BTN siap memberikan dukungan untuk pengembangan kota Surakarta," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4886 seconds (0.1#10.140)