Pemerintah Tetapkan Kepri Sebagai Gerbang Wisata Bahari

Senin, 31 Oktober 2016 - 20:42 WIB
Pemerintah Tetapkan Kepri Sebagai Gerbang Wisata Bahari
Pemerintah Tetapkan Kepri Sebagai Gerbang Wisata Bahari
A A A
TANJUNGPINANG - Pemerintah secara resmi menetapkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai gerbang wisata bahari Indonesia. Menteri pariwisata Arief Yahya menegaskan, Kepri yang terdiri dari Kabupaten Bintan, Kota Batam, Karimun, Lingga dan bahkan Natuna merupakan penyumbang terbesar ketiga wisatawan mancanegara, yakni mencapai 20%.

Pencapaian ini di bawah Jakarta yang merupakan peringkat dua (38%) dan pemegang pertama masih Bali dengan 40%. Karena itu, sudah sepantasnya Kepri dikedepankan sebagai gerbang wisata bahari mengingat posisinya yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

"Tugas utama pemerintah seperti pesan Presiden adalah membangun infrastruktur pendukung kegiatan pariwisata di Kepri, seperti perluasan bandara serta adanya direct flight menuju Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang" ujar Arief Yahya pada acara Festival Bahari Kepri, Senin (31/10/2016).

Kedepan, pemerintah akan mendorong Pemda Kepri segera membangun beberapa marina, sehingga kontribusi dari wisata bahari dari sebelumnya menyumbang 10% dapat ditingkatkan menjadi 20% terhadap PDB.

Sementara itu, mengenai pelaksanaan Festival Bahari Kepri 2016 yang merupakan bagian dari even Sail Karimata, Kementerian Pariwisata memberikan apresiasi kepada Pemrov Kepri yang telah memecahkan sejumlah rekor, seperti jumlah yacht yang mencapai 100 yacht, dimana rata-rata sail hanya 60-70 yacht. Sementara jumlah even terbanyak mencapai 16 even sepanjang Festival Bahari Kepri yang digelar sejak 20-30 Oktober 2016.

"Rata-rata even di sail yang sudah dilaksanakan sepanjang 2016 hanya 10 even, ini luar biasa mencapai 16 even. Diharapkan menjadi pemicu bagi provinsi lain yang akan menggelar sejumlah sail pada 2017 mendatang," kata Arief.

Arief optimistis, semakin banyaknya even-even pariwisata di Tanah Air, akan memacu kegiatan ekonomi yang makin tinggi sehingga memberikan kontribusi pertumbuhan secara lokal hingga nasional.

Beberapa even yang dirangkum dalam Festival Bahari Kepri antara lain: Kepri traditional game, Festival Kuliner 10 Kampung, Festival Gurindam XII, Wonderful Indonesia Sailing yang diikuti 100 kapal yacht asing, Wonderful Kepri Expo, parade mobil hias, memecahkan rekor MURI karena melibatkan 120 mobil hias, serta Festival Sungai Carang yakni Parade Kapal Hias yang memecahkan rekor MURI dengan berlayar dari Pelabuhan Sri Payung Batu VI menuju Tepi Laut Anjung Cahaya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4245 seconds (0.1#10.140)