Perbandingan Harga Tiket Kereta Ekonomi Biasa vs Premium, Murah Mana?

Senin, 17 Juli 2023 - 19:37 WIB
loading...
Perbandingan Harga Tiket Kereta Ekonomi Biasa vs Premium, Murah Mana?
Perbandingan harga tiket kereta api biasa dengan premium. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiket kereta ekonomi terkenal akan harganya yang murah ketimbang kelas lain. Namun, sejak ada kereta ekonomi yang menggunakan bangku premium terdapat disparitas harga meski berada satu kelas yang sama.

Dikutip dari laman Kereta Api Indonesia (KAI), kereta kelas ekonomi memiliki 80 hingga 106 kursi dalam satu kereta dan merupakan kelas dengan kursi paling banyak. Saat ini, terdapat beberapa tipe kereta ekonomi, yakni tipe berkapasitas 106 kursi, dan yang berkapasitas 80 kursi dengan 64 kursi yang khusus diprioritaskan untuk difabel.

Untuk rangkaiannya sendiri, kini telah terdapat ekonomi new image atau biasa, dan premium. Di mana kelas ekonomi premium adalah penyempurnaan dari ekonomi new image.



Di mana kondisi kursi ekonomi premium sudah tidak menggunakan model 45 derajat atau menyiku. Sehingga, kursi yang diusung ekonomi premium sudah punya sandaran layaknya kursi kereta api kelas eksekutif untuk menopang kenyamanan penumpang.

Kereta ekonomi yang telah menerapkan fasilitas premium ini di antaranya, Lodaya, Sawunggalih, Sancaka, Jayakarta, Kertajaya, Kutojaya Utara, Ambarawa Expres dan masih banyak lagi. Sementara, kereta ekonomi yang masih menggunakan kursi tegak di antaranya, Progo, Logawa, Serayu, Kutojaya Selatan, Bogowonto, Jayabaya, Brantas, dan lainnya.



Dengan penambahan fasilitas ini tentulah akan terdapat perbedaan terkait harga tiket kereta ekonomi biasa dengan ekonomi premium. Penasaran dengan rentang harganya, berikut perbedaan tiket kereta ekonomi biasa dengan bangku premium.

1. Tiket Kereta Ekonomi Biasa

Kereta Kertajaya Surabaya Pasarturi – Pasarsenen (Jakarta): Rp 265.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3253 seconds (0.1#10.140)