Syarat Mendapatkan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis 3 Bulan

Sabtu, 08 Juli 2023 - 08:07 WIB
loading...
Syarat Mendapatkan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis 3 Bulan
Syarat mendapatkan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung gratis selama 3 bulan. FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan pada 18 Agustus 2023. Pemilihan tanggal tersebut sekaligus untuk menjadikan megaproyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Sebagai upaya menarik penumpang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan digratiskan selama 3 bulan pertama dari 18 Agustus hingga Oktober 2023. Bagi yang tertarik untuk mencoba, berikut syarat mendapatkan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

1. Pendaftaran Dilakukan secara Online

Pemerintah akan menyediakan tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) gratis untuk 600 orang. Apabila ingin mendapatkan tiket tersebut, masyarakat harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Selanjutnya, akan dilakukan 'war' untuk pembelian tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Siapa yang lebih cepat melakukan pembelian akan memiliki kesempatan menjajal kereta cepat. Terkait informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara dan syarat mendpatkan tiket gratis KCJB akan diinformasikan lebih lanjut.

2. Prioritas Masyarakat yang Tinggal di Sepanjang Rel KJCB

Pemerintah akan memprioritaskan masyarakat yang tinggal di wilayah sepanjang rel KCJB terlebih dahulu, yaitu Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar. Penumpang nantinya akan diklasifikasikan menjadi tiga kelas premium ekonomi, second class, dan yang paling mahal adalah first class.



First class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan 2-1, berbahan kursi faux leather, berbordir batik mega mendung. Sedangkan business class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan 2-2, berbahan faux leather, bermotif laser cut batik mega mendung. Kemudian untuk premium economy memiliki 555 tempat duduk berwarna abu-abu dan biru dengan susunan 3-2, berbahan suede, bermotif printing batik mega mendung.

Untuk fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada KA Cepat di antaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus. Selain itu, juga terdapat mini bar di tengah-tengah rangkaian untuk penumpang yang ingin membeli makanan ringan serta minuman dingin dan panas.



Setelah uji coba gratis, tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini nantinya akan dibanderol dengan harga kurang lebih sekitar Rp150 ribu hingga Rp350 ribu per penumpang tanpa subsidi. Nantinya, kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan melewati 4 stasiun, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

KCJB akan melaju pada kecepatan 350 kilometer (km) per jam. Dari hasil ujicoba dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju Stasiun Halim 44 menit dengan total panjang lintasan 142,3 km.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)