Harga Minyak Jatuh Tersengat Keraguan Kesepakatan OPEC

Senin, 28 November 2016 - 08:20 WIB
Harga Minyak Jatuh Tersengat Keraguan Kesepakatan OPEC
Harga Minyak Jatuh Tersengat Keraguan Kesepakatan OPEC
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia pada perdagangan hari ini tercatat turun lebih dari 1%, memperpanjang penurunan sejak Jumat lalu akibat kembai muncul keraguan atas kemampuan produsen utama untuk memotong produksi pada pertemuan yang direncanakan Rabu pekan ini yang bertujuan mengekang kelebihan pasokan global.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (28/11/2016), harga minyak brent diperdagangkan pada level USD46,40 per barel pada pukul 00.35 GMT, turun 84 sen atau 1,8% dari penutupan terakhir mereka.

Sementara, harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) juga mengalami pelemahan sebesar 74 sen atau 1,6% menjadi USD45,32 per barel.

Harga minyak terjun setelah pada Jumat kemarin turun lebih dari 3% disebabkan adanya ketidaksepakatan antara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan eksportir nonOPEC seperti Rusia. Di mana, negara harus mengurangi produksi berapa banyak untuk mengekang produksi global karena harga minyak melemah 50% sejak 2014.

"Keraguan lebih lanjut tentang perjanjian pengurangan produksi OPEC melihat harga minyak mentah jatuh," kata ANZ Bank dalam catatannya hari ini.

OPEC akan bertemu di Wina pada Rabu pekan ini untuk memutuskan rincian pemotongan produksi, termasuk anggota nonOPEC seperti Rusia atau Azerbaijan.

Sebuah pertemuan antara OPEC dan produsen nonOPEC yang akan diadakan pada hari ini dibatalkan setelah Arab Saudi menolak untuk hadir. Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih kemarin mengatakan, karena tidak ada kesepakatan dalam OPEC telah mencapai sejauh ini.

Falih mengatakan, pasar minyak akan menyeimbangkan dirinya pada 2017 bahkan jika produsen tidak melakukan intervensi, dan yang menjaga produksi pada level saat ini bisa dibenarkan.

Morgan Stanley mengatakan, membatalkan pertemuan dengan produsen nonOPEC menyoroti perbedaan pendapat dalam OPEC. "Tetapi kita masih melihat setidaknya perjanjian dalam judul makalah atas kesepakatan sebagai hasil yang paling mungkin," katanya.

Melampaui penurunan produksi yang direncanakan, Morgan Stanley mengatakan bahwa dolar AS adalah yang terkuat dalam mengendalikan harga minyak. "Meskipun brent turun 57% sejak 2012, kenaikan 30% dalam perdagangan, USD telah membantu mengimbangi dampak bagi banyak produsen," kata Morgan Stanley.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1720 seconds (0.1#10.140)