DPR Minta Pemerintah Jangan Hanya Andalkan Amnesti Pajak

Jum'at, 16 Desember 2016 - 21:06 WIB
DPR Minta Pemerintah Jangan Hanya Andalkan Amnesti Pajak
DPR Minta Pemerintah Jangan Hanya Andalkan Amnesti Pajak
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta pemerintah untuk terus mengoptimalkan perolehan pendapatan negara yang berasal dari sumber-sumber penerimaan negara bukan pajak (PNPB).

Politikus asal Partai Amanat Nasional ini menambahkan, ada potensi yang bisa digunakan pemeritah untuk menambah pendapatan negara selain dari program amnesti pajak (tax amnesty).

"Biaya untuk sewa lahan dan hutan masih bisa dioptimalkan sebagai aspek pendapatan penerimaan negara," kata Taufik melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews, Jumat (16/12/2016).

Taufik membeberkan, pengoptimalan biaya sewa lahan dan hutan bisa dilakukan dengan mengidentifikasi alih fungsi lahan menjadi daerah pemukiman maupun daerah industri. Tentunya, lanjut Taufik, hal tersebut harus diikuti payung hukum berupa undang-undang maupun Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang).

"Wilayah yang belum memiliki izin itu sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk aspek penambahan penerimaan negara bukan pajak," tutur Wakil Ketua PAN itu.

‎Masih kata Taufik, pengoptimalan sumber penerimaan negara dari sektor non pajak memiliki peluang menambah pendapatan lebih dari Rp100 triliun.

"Pemasukan negara bisa bertambah, bukan hanya dari tax amnesty saja, cuma memang harus dijaga dan diawasi saja," ucap Taufik.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5046 seconds (0.1#10.140)