Pertamina Optimalkan Kompetensi Menuju Kelas Dunia

Rabu, 18 Januari 2017 - 17:07 WIB
Pertamina Optimalkan Kompetensi Menuju Kelas Dunia
Pertamina Optimalkan Kompetensi Menuju Kelas Dunia
A A A
YOGYAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan mengoptimalkan kompetensi sumber daya manusianya untuk menuju perusahaan kelas dunia. Hal ini setelah perseroan melalui Pertamina Corporate University mendapatkan sertifikat akreditasi internasional Corporate Learning Improvement Process (CLIP) dari European Foundation for Management Development (EFMD).

(Baca: Pertamina Peroleh Akreditasi CLIP Pertama di Asia)

Direktur SDM, IT dan Umum Pertamina Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, corporate university memainkan peran penting untuk meningkatkan kualitas maupun kompetensi SDM di Pertamina untuk menghadapi dinamika industri migas di kelas internasional.

Pekerja merupakan modal utama untuk memastikan seluruh program yang dicanangkan melalui lima pilar strategis. Di antaranya membangun SDM yang mumpuni untuk mendukung kelanjutan bisnis dengan fokus pada keamanan, kandalan operasi dan pengembangan kapasitas dan kompetensi pekerja.

Apalagi saat ini Pertamina menghadapi tantangan demografi dalam lima tahun ke depan 30% pekerja setingkat manajer ke atas akan memasuki pensiun. Sementara, dari internal perusahaan hanya mencukupi 20% untuk mengisi level kelas menengah ke atas.

Untuk menghadapi tantangan itu, Pertamina Corporate University membuat program pengembangan pekerja dari mulai masuk sampai level menengah sampai tertinggi atau disebut talent development acceleration. "Perekrutan melibatkan pemangku kepentingan, top manajer, divisi SDM dan pekerja," kata dia di Yogyakarta, Rabu (18/1/2017).

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kemeterian BUMN Edwin Hidayat Abdullah memberikan apresiasi kepada Pertamina yang telah menerima akreditasi CLIP dari EFMD tersebut.

Akreditasi CLIP ini merepresentasikan semangat Pertamina untuk memastikan proses perbaikan berkelanjutan dalam upaya membangun kapabilitas SDM sebagai bagian dari usaha Pertamina mencapai visinya sebagai World Class Energy Company.

"Pencapaian ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh BUMN dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pekerjanya untuk menghadapi tantangan lingkungan perusahaan di masa mendatang," tutupnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5017 seconds (0.1#10.140)