Pertumbuhan Vietnam semester pertama naik tipis

Kamis, 27 Juni 2013 - 15:17 WIB
Pertumbuhan Vietnam semester pertama naik tipis
Pertumbuhan Vietnam semester pertama naik tipis
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan ekonomi Vietnam pada semester pertama 2013 dilaporkan naik tipis. Namun, para ahli tetap memperingatkan ancaman masalah ekonomi di masa depan bagi negara komunis tersebut.

Kantor Statistik Umum Vietnam mencatat produk domestik bruto (PDB) tumbuh 4,9 persen pada semester pertama tahun ini, dibandingkan dengan 4,38 persen pada periode yang sama 2012.

Kesulitan perusahaan, sistem perbankan yang dibebani kredit macet dan tingkat suku bunga tinggi, merupakan faktor utama yang berkontribusi membuat iklim ekonomi Vietnam lemah.

Vu Dinh Anh, wakil direktur negara yang didukung Institut Ekonomi dan Keuangan, mengatakan, tingkat pertumbuhan sudah tepat karena ekonomi memasuki masa pemulihan secara bertahap.

"Meskipun ini tanda positif pertama, perekonomian Vietnam akan menghadapi banyak kesulitan dalam hal produksi dan perdagangan di masa depan," ujarnya, seperti dilansir dari AFP, Kamis (27/6/2013).

Vietnam berulang kali menaikkan suku bunga pada 2011 untuk mencegah ekonomi dari overheating dan mengendalikan inflasi dua digit. Namun, karena pertumbuhan melambat ke rekor terendah, pihak berwenang tahun ini melanjutkan upaya-upaya stimulus moneter.

Inflasi Vietnam memukul 6,69 persen year-on-year pada Juni, menandai kenaikan pertama dalam delapan bulan setelah pemerintah memotong suku bunga. Analis menilai ini sebagai tanda upaya Hanoi mulai menunjukkan hasil.

Vietnam mencapai tingkat pertumbuhan PDB hanya 5,03 persen secara keseluruhan pada 2012, terlemah dalam 13 tahun. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen pada tahun ini.

Pihak berwenang sedang berjuang mengatasi keprihatinan yang luas terhadap utang bank, penurunan investasi asing langsung (FDI) dan serangkaian skandal keuangan di perusahaan milik negara.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)