Hatta raih gelar perekayasa utama kehormatan dari BPPT

Senin, 26 Agustus 2013 - 09:59 WIB
Hatta raih gelar perekayasa utama kehormatan dari BPPT
Hatta raih gelar perekayasa utama kehormatan dari BPPT
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menerima gelar perekayasa utama kehormatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Hatta menerima gelar tersebut karena dianggap berjasa menetapkan kebijakan pembangunan ekonomi nasional yang berbasiskan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing yang ditunjang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu gagasan Hatta dituangkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI).

Kepala BPPT, Marzan A Iskandar mengatakan, pelaksanaan MP3EI adalah wujud komitmen kebangsaan pada pembangunan ekonomi jangka menengah yang berbasiskan rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi.

"MP3EI memfasilitasi perluasan peran perekayasa iptek pada transformasi pembangunan ekonomi dari efficiency driven economy pada masa ini menjadi innovation driven economy pada 2025," ujar Marzan di Gedung BPPT, Senin (26/8/2013).

Selain itu, kata dia, penganugerahan gelar kepada Hatta ini dirasa Marzan penting karena Indonesia akan memasuki ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015.

"Terintegrasinya pasar kita dengan pasar negara-negara ASEAN akan membawa konsekuensi yang sangat besar, yakni diperlukanna negara kita untuk memiliki keunggulan kompetitif," kata dia.

Gelar Perekayasa Utama Kehormatan adalah suatu gelar yang diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada warga negara pilihan atas jasanya yang telah bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Penganugerahan gelar ini diselenggarakan setiap tahun sejak 2007 dalam rangka memperingati HUT BPPT yang pada 2013 ini menginjak usia ke 35. Hatta Rajasa merupakan penerima gelar perekayasa utama kehormatan yang ke 7.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)