Mangkrak tahunan, pelabuhan Kendal segera difungsikan

Selasa, 17 September 2013 - 11:54 WIB
Mangkrak tahunan, pelabuhan Kendal segera difungsikan
Mangkrak tahunan, pelabuhan Kendal segera difungsikan
A A A
Sindonews.com - Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah yang sudah mangkrak lima tahun lebih, kini mulai difungsikan. Dermaga pelabuhan mulai diujicobakan untuk bersandar kapal Feri tujuan Kendal-Kumai. Namun, pengoperasian pelabuhan Kendal ini masih menunggu perbaikan jalan masuk yang belum selesai.

Kapal motor (KM) Kalibodri nampak bersandar di pelabuhan Kendal selasa siang. Dermaga pelabuhan Kendal yang mangkrak tahunan ini, mulai segera dioperasionalkan untuk penyebrangan dari Kendal menuju Kumai.

KM Kalibodri dengan kapasitas 400 penumpang dan belasan kendaraan berat ini, diujicobakan bersandar di pelabuhan kendal. Rencananya akan ada dua kapal motor jenis Feri siap melayani penyebrangan penumpang dari Kendal menuju Kumai.

Selain mengangkut penumpang, KM Kalibodri mampu menampung 18 truk, 6 truk trailer dan 10 mobil pribadi. Harapannya, dengan pengoperasian pelabuhan ini, mampu menarik investor untuk menanamkan modal di kabupaten Kendal.

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengatakan, uji coba dermaga ini sebagai langkah untuk menyiapkan pelabuhan yang akan diberi nama Kendal Mega Seaport.

"Selain sebagai pelabuhan penyebrangan, nantinya dermaga pelabuhan ini akan difungsikan untuk pelabuhan niaga," ujar Widya di Kendal, Selasa (17/9/2013).

Namun demikian, masih perlu perbaikan terutama jalan masuk ke pelabuhan. Hingga akhir 2013, pemerintah setempat baru menyelesaikan tiga kilometer jalan, sedangkan sisanya sepanjang satu kilometer akan dikerjakan tahun depan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5164 seconds (0.1#10.140)