UNTR suntik modal anak usaha USD1,82 juta

Rabu, 09 Oktober 2013 - 14:54 WIB
UNTR suntik modal anak usaha USD1,82 juta
UNTR suntik modal anak usaha USD1,82 juta
A A A
Sindonews.com - PT United Tractors Tbk (UNTR) menyuntikkan pinjaman mencapai USD1,82 juta kepada PT Bina Pertiwi, anak perusahaan yang 99,99 persen sahamnya dimiliki perseroan. Keduanya telah menandatangani perjanjian pinjaman pemegang saham pada 7 Oktober 2013.

“Berdasarkan perjanjian tersebut perseroan telah menyetujui untuk memberikan pinjaman sebesar USD1,82 juta kepada PT Bina Pertiwi yang akan dipergunakan untuk keperluan modal kerja.” kata sekretaris perusahaan UNTR Sara K. Loebis dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Perseroan menilai pemberian pinjaman tersebut lebih menguntungkan dibandingkan apabila perseroan harus menyimpan dana kasnya di bank dengan rate deposito bank pada saat ini. Perseroan memberikan pinjaman ini dengan bunga SIBOR +2,5 persen, dan merupakan pinjaman berjangka.

Dia menegaskan, transaksi ini tidak termasuk sebagai transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam peraturan IX.E.1. Oleh karena itu, tidak memerlukan persetujuan pemegang saham independen.

Selain itu juga tidak termasuk dalam transaksi material sebagaimana peraturan IX.E.2 mengenai transaksi material dan perubahan kegiatan usaha utama. “Transaksi ini hanya merupakan transaksi afiliasi yang membutuhkan pelaporan kepada otoritas jasa keuangan.” imbuhnya.

Industri alat pertanian dinilai memiliki potensi pasar yang cukup besar. Asosiasi Perusahaan Alat dan Mesin Pertanian Indonesia (Alsantani) mencatat, kebutuhan alat dan mesin pertanian seperti traktor setiap tahunnya mencapai 200.000 unit, atau tumbuh minimal 5 persen. Sebagai salah satu perusahaan yang menggeluti bisnis ini, PT Bina Pertiwi menargetkan pertumbuhan bisnisnya dapat mencapai 16 persen.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5611 seconds (0.1#10.140)