S&P pangkas rating Perancis jadi AA

Jum'at, 08 November 2013 - 15:52 WIB
S&P pangkas rating Perancis jadi AA
S&P pangkas rating Perancis jadi AA
A A A
Sindonews.com - Standard and Poor`s (S&P) lembaga pemeringkat global, menurunkan peringkat kredit Perancis satu tingkat menjadi AA dengan outlook stabil.

S&P mengatakan pemangkasan rating dari sebelumnya AA+ karena reformasi pemerintah tidak dapat menaikkan prospek jangka menengah dan pertumbuhan ekonomi lebih rendah membatasi kemampuan mereka dalam mengkonsolidasikan keuangan publik.

"Kami percaya reformasi pemerintah Perancis untuk perpajakan, produk, jasa dan pasar tenaga kerja tidak akan secara substansial meningkatkan prospek pertumbuhan jangka menengah Perancis," tulis kantor berita Xinhua, seperti dilansir dari AFP, Jumat (8/11/2013).

"Selain itu, kita melihat fleksibilitas fiskal Perancis dibatasi pergerakan pemerintah berturut-turut dalam meningkatkan pajak yang sudah tinggi, dan apa yang kita lihat sebagai ketidakmampuan pemerintah untuk secara signifikan mengurangi total pengeluaran pemerintah," paparnya.

S&P mengatakan, pihaknya memperkirakan utang bersih pemerintah sebesar 86 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2015 dan pengangguran tetap berada di atas 10 persen sampai 2016.

Menteri Keuangan Perancis Pierre Moscovici dalam sebuah pernyataan menyesalkan rating yang dibuat lembaga tersebut.

Demikian pula, Perdana Menteri Jean-Marc Ayrault. "Peringkat Perancis tetap di antara yang terbaik di dunia, dan badan tersebut tidak memperhitungkan semua reformasi yang dibuat pemerintah," ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8060 seconds (0.1#10.140)