Bangkitkan Ekonomi, Prancis Anggarkan Rp1.750 Triliun

Kamis, 03 September 2020 - 18:25 WIB
loading...
Bangkitkan Ekonomi, Prancis Anggarkan Rp1.750 Triliun
Prancis menyiapkan anggaran hingga 100 miliuar euro untuk membangkitkan kembali ekonomi yang terdampak pandemi. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Prancis berencana menggelontorkan 100 miliar euro (USD118 miliar) atau sekitar Rp1.750 triliun untuk membangkitkan kembali ekonominya yang terpuruk akibat pandemi virus corona . Langkah ini menandai upaya baru Presiden Emmanuel Macron untuk mendorong melalui agenda reformasi pro-bisnis.

Stimulus tersebut setara dengan 4% dari produk domestik bruto (PDB), yang berarti Prancis membajak lebih banyak uang publik ke dalam ekonominya daripada negara besar Eropa lainnya dari sisi persentase PDB, kata seorang pejabat menjelang peluncuran resminya yang dikutip Reuters, Kamis (3/9/2020).

Resesi Prancis, yang ditandai dengan kontraksi PDB kuartal kedua sebesar 13,8% yang bertepatan dengan penguncian Covid-19 di negara itu akan menghasilkan penurunan 11% pada tahun 2020 secara keseluruhan. Penurunan ekonomi itu juga menjadi salah satu yang terdalam di Eropa.

(Baca Juga: Erdogan Sebut Pemimpin Prancis dan Yunani Rakus dan Tidak Kompeten)

Paket stimulus mengalokasikan 35 miliar euro untuk membuat ekonomi lebih kompetitif, 30 miliar untuk kebijakan energi yang lebih ramah lingkungan dan 25 miliar untuk pekerjaan pendukung, kata para pejabat.

"Rencana pemulihan ini bertujuan untuk menjaga ekonomi kita dari kehancuran dan pengangguran yang meledak," kata Perdana Menteri Jean Castex di radio RTL.

Dia mengatakan pemerintah bertujuan untuk menciptakan setidaknya 160.000 pekerjaan tahun depan berkat rencana tersebut.

Berfokus terutama pada peningkatan perusahaan dan akan berjalan selama dua tahun, rencana tersebut tidak banyak secara langsung mendukung permintaan konsumen - yang secara tradisional merupakan mesin pertumbuhan Prancis - berbeda dengan stimulus 130 miliar euro yang diluncurkan pada musim semi di Jerman dengan pemotongan pajak penjualan pertambahan nilai.

Pemerintah Macron mengandalkan rencana untuk mengembalikan ekonomi terbesar kedua zona euro itu ke tingkat aktivitas sebelum krisis pada tahun 2022 setelah apa yang diperkirakan akan menjadi resesi pasca-perang terburuk.

Garis waktu itu akan memulihkan catatan ekonomi Macron jika dia memutuskan untuk mencalonkan diri kembali pada pemilihan umum pada 2022 setelah krisis virus corona menghapus banyak keuntungan ekonomi yang dibuat sebelumnya pada pertumbuhan dan pekerjaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)