Bus listrik siap uji coba jelajahi empat kota besar

Kamis, 05 Desember 2013 - 17:20 WIB
Bus listrik siap uji coba jelajahi empat kota besar
Bus listrik siap uji coba jelajahi empat kota besar
A A A
Sindonews.com - Kementerian Riset dan Teknologi siap mengadakan uji coba kelaikan jalanan bus listrik jelajahi empat kota besar di Jawa. Selain Jakarta, ada beberapa tempat kota besar yang akan dipilih sebagai lokasi uji coba. Kota-kota tersebut di antaranya Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan, uji coba jalanan bus listrik tersebut untuk mengetahui sejauh mana kelayakan bus listrik yang telah diproduksi tersebut menjelajahi jalanan. Dari uji coba tersebut akan diambil suatu keputusan, apakah bus listrik tersebut akan diproduksi secara massal atau tidak.

Pasalnya saat ini baru level 7 dari total 9 level dari serangkaian uji coba bus listrik. "Level ini mencoba bus listrik di kondisi sebenarnya. Jika lolos uji coba dijalanan berarti level 8. Lalu level 9, berarti masuk tahap produksi massal," ujar Menristek kepada wartawan di Solo,Jawa Tengah, Kamis (5/12/2013).

Menurut Hatta, untuk lolos level 7, bus listrik diharapkan tidak mengalami masalah serius ketika diuji coba. Jika ada gangguan minor tapi tidak fatal, dianggap wajar.

Dia menegaskan, proyek bus listrik menjadi prioritas. Sebab, pembuatan bus listrik tersebut sudah sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta mengembangkan angkutan massal berbasis listrik.

"Tujuan utamanya untuk mengurangi subsidi bahan bakar minyak yang mencapai Rp270 triliun dan mengurangi pencemaran udara," ujarnya.

Selain bus listrik, Kemenristek tengah mengembangkan angkutan pedesaan. Rencananya angkutan khusus pedesaan akan diluncurkan tahun
depan.

Sementara itu, koordinator uji coba bus listrik di Solo, Jawa Tengah, Wisnu Sarjono mengatakan, untuk Solo, kawasan yang akan dipakai untuk rute uji coba bus listrik, mulai dari kawasan Solo Techno Park ke Monumen Pers dan kembali ke Solo Techno Park.

Selain bus listrik, turut diuji coba mobil listrik jenis. city car buatan Universitas Sebelas Maret Surakarta. “Selain untuk menggairahkan minat masyarakat untuk riset kendaraan listrik, juga mengajak masyarakat untuk mulai memikirkan penggunaan kendaraan listrik di masa depan untuk mengurangi pemakaian BBM. Agar udara lebih bersih,” pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5894 seconds (0.1#10.140)