Sejumlah K/L Butuh PNS Lebih Banyak

Jum'at, 20 Juni 2014 - 14:09 WIB
Sejumlah K/L Butuh PNS Lebih Banyak
Sejumlah K/L Butuh PNS Lebih Banyak
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan melakukan perekrutan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juli mendatang. Beberapa Kementerian dan Lembaga (K/L) telah memberikan rekomendasi soal kebutuhan pegawai yang diperlukan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, ada beberapa K/L yang meminta alokasi PNS dalam jumlah yang cukup banyak.

"Kuota terbesar itu Kemenkeu masih yang paling besar. Kemenkeu saja mungkin sekitar 5.000-lah," ujarnya di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Selain Kementerian Keuangan beberapa kementerian juga membutuhkan alokasi PNS yang besar seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama serta Kementerian Hukum dan HAM.

"Kemendikbud juga buat dosen-dosen, Kementerian Agama, Kemenkumham juga banyak. Ya mereka di atas 1.000 lah, BPN (Badan Pertanahan Nasional) juga," lanjutnya.

Meski demikian, Azwar menyatakan dirinya telah menandatangani kuota CPNS yang dibuka dalam proses seleksi. Jumlah kuota ini akan ditampilkan di website resmi kemenpan-RB sekaligus semua informasi terkait proses seleksi yang akan dijalankan oleh para pelamar. "Nanti liat di website. Saya sudah tanda tangan," tandasnya.

Sekadar informasi, pemerintah bakal membuka pendaftaran untuk mencari 100 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) pada minggu ketiga Juli 2014. Formasi itu terdiri atas 65 ribu CPNS dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Lowongan ASN itu tersebar di 482 instansi pemerintah, yang terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga, serta 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten/kota.

Untuk CPNS, 25 ribu formasi disediakan untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemerintah daerah. Sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4316 seconds (0.1#10.140)