OJK: Pangsa Pasar Perbankan Syariah 4,9%

Jum'at, 27 Juni 2014 - 13:59 WIB
OJK: Pangsa Pasar Perbankan Syariah 4,9%
OJK: Pangsa Pasar Perbankan Syariah 4,9%
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan, pangsa pasar perbankan syariah saat ini telah mencapai 4,9% dari aset perbankan di Indonesia. Pasar modal syariah juga telah berkembang dengan meningkatnya jumlah penerbitan Sukuk termasuk Sukuk pemerintah.

Ketua Dewan Komisioner Muliaman Hadad mengungkap, lebih dari 300 saham syariah yang merupakan bagian dari Islamic Index.

“Reksadana syariah juga tumbuh cukup signifikan dengan outstanding dana kelolaan sekitar USD1 miliar,” paparnya dalam siaran pers, Jumat (27/6/2014).

Pembiayaan syariah juga berkembang dalam semua jenis pembiayaan termasuk KPR, kredit mobil dan lainnya.

Dia melanjutkan, industri asuransi syariah juga memiliki tren yang lebih menjanjikan, ditandai dengan meningkatnya jumlah dana yang dikelola di bawah industri asuransi syariah.

Menurut dia, penetrasi asuransi syariah relatif kecil tetapi dengan dukungan iklim pengaturan saat ini, penetrasi juga akan meningkat secara signifikan di masa depan.

Muliaman Hadad juga menyampaikan pentingnya memiliki Arsitektur Keuangan Syariah yang terintegrasi sehingga diharapkan ke depan indutri keuangan syariah Indonesia memiliki peran yang lebih besar dalam mendukung pembangunan ekonomi, memiliki arah pengembangan yang bersifat lebih terintegrasi, dapat beroperasi lebih efisien dan kompetitif termasuk penguatan modal dan sinergi, mendukung perluasan akses dan financial inclusion serta merupakan bagian dari rencana pembangunan nasional jangka menengah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7776 seconds (0.1#10.140)