Kadin Minta Pemerintah Terapkan Beleid Kembangkan SDM

Rabu, 02 Juli 2014 - 12:55 WIB
Kadin Minta Pemerintah Terapkan Beleid Kembangkan SDM
Kadin Minta Pemerintah Terapkan Beleid Kembangkan SDM
A A A
BANDUNG - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat (Jabar) meminta pemerintah untuk menerapkan beleid yang mendukung dunia usaha. Beleid dimaksud yang mengedepankan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dunia usaha yang mumpuni dalam menghadapi tantangan zaman.

Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Industri dan Industri Kreatif Dedy Widjaja mengatakan, pengembangan SDM ini diperlukan untuk membuat daya saing dunia industri semakin kencang, apalagi menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Demi kemajuan kinerja industri, pemerintah hendaknya mengutamakan beleid yang mendukung pengembangan SDM," ujarnya.

Pasalnya, kata Dedy, kemampuan SDM yang rendah berimbas pada kinerja industri yang mandek atau menurun.

"MEA memungkinkan produsen luar negeri melakukan ekspor besar-besaran ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Ini bisa jadi ancaman maupun peluang bagi para pelaku industri Indonesia, untuk bisa bersaing secara sehat dengan produk impor," tutur Dedy.

Industri tekstil produk dan tekstil (TPT) dan alas kaki di Jabar, kata dia, bisa menjadi produk unggulan untuk menghadapi persaingan tersebut.

"Ekspor sektor manufaktur Jabar selama ini cukup menjanjikan dan pengusaha bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk menggenjot kinerja ekpsor," imbuhnya.

Ekspor nonmigas Jabar pada April 2014 mencapai USD2,21 miliar atau naik 3,77% dibandingkan bulan sebelumnya. Kondisi serupa terjadi pada ekspor migas yang naik 5,09% dibandingkan bulan sebelumnya.

Ekspor nonmigas pada April terbesar pada sektor alas kaki sebesar USD26,81 juta, sedangkan penurunan terbesar terjadi pada sektor kendaraan sebesar USD38,88 juta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7873 seconds (0.1#10.140)