Ini Kriteria Menteri ESDM Menurut Ketua Apemindo

Minggu, 03 Agustus 2014 - 19:54 WIB
Ini Kriteria Menteri ESDM Menurut Ketua Apemindo
Ini Kriteria Menteri ESDM Menurut Ketua Apemindo
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bukan hanya harus memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang energi dan sumber daya alam, tapi juga harus mampu memberantas mafia migas yang selama ini merugikan negara dan juga bangsa Indonesia.

Berikut adalah tiga kriteria Menteri ESDM yang bisa memberantas mafia migas menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (Apemindo), Poltak Sitanggang.

Menurut Poltak, pertama, tentunya seorang Menteri ESDM harus mengetahui alur dari permainan mafia migas itu sendiri. Maka dengan sendirinya bisa membuat kebijakan yang tepat sasaran.

"Keputusan yang dieksekusi bisa tepat dan minim gejolak," ujar pria yang masuk bursa menteri Jokowi-JK di situs www.kabinetrakyat.org itu ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (3/8/2014).

Kedua, lanjutnya, seorang Menteri ESDM harus memiliki keberanian untuk bertindak, tidak hanya bicara. Juga harus berani untuk dikucilkan, serta menghadapi serangan politik mulai dari intrik bahkan ketika bisa sampai difitnah.

"Karena kita tahu bahwa mafia minyak melibatkan banyak orang-orang yabg punya kekuatan politik juga," ujar alumni Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM) itu.

Terakhir, tambah Poltak, seorang Menteri ESDM juga harus mampu berdiplomasi dan bekerja sama dengan banyak kelompok. Sehingga, pemberantasan mafia minyak akan minim gejolak.

"Dan dengan kemampuan-kemampuan tersebut, tidak akan ada lagi mafia migas di negeri ini," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4905 seconds (0.1#10.140)