Kemendag Ingin Dorong Pasar Rakyat Sebagai Primadona

Selasa, 05 Agustus 2014 - 18:02 WIB
Kemendag Ingin Dorong Pasar Rakyat Sebagai Primadona
Kemendag Ingin Dorong Pasar Rakyat Sebagai Primadona
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, pihaknya ingin mendorong pasar tradisional atau pasar rakyat sebagai primadona di tanah air. Namun, hal itu harus diimbangin dengan tingkat kenyamanan yang tinggi guna menyedot minat masyarakat.

"Jika kebutuhan standar, mereka (konsumen) di perkotaan lebih memilih berbelanja di tempat yang paling nyaman," ucap Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (5/8/2014).

Di toko swalayan, lanjut Bayu, konsumen akan lebih nyaman berbelanja lantaran penerangan yang memadai, ruangan yang tidak panas karena dipasangnya AC, serta harga yang relatif stabil.

"Pertimbangannya bukan karena konsumen lebih senang, tetapi yang mereka cari, kenyamanan, terang ada ac, harganya jelas kemudian variasi pilihan cukup ada di situ," jelas Bayu.

Dengan faktor perilaku perubahan konsumen itulah, tambah Bayu, pemerintah ingin mendorong pasar tradisional atau pasar rakyat untuk mempunyai kesamaan fasilitas dengan yang ada di toko swalayan.

"Bersih, timbangan terjamin, harga juga jelas. Itu yang kita dorong. Jadi bukan untuk menggerus keberadaan pasar rakyat. Kementerian Perdagangan mendorong pasar-pasar rakyat agar bisa lebih baik, disamping kita juga akan tingkatkan pengawasan supaya tidak terjadi persaingan yang tidak sehat," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1270 seconds (0.1#10.140)