Siapapun Pemimpinnya, Akan Jadi Bagian dari Mafia Migas

Rabu, 24 September 2014 - 18:49 WIB
Siapapun Pemimpinnya, Akan Jadi Bagian dari Mafia Migas
Siapapun Pemimpinnya, Akan Jadi Bagian dari Mafia Migas
A A A
JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menegaskan, siapapun pemimpinnya pasti akan menjadi bagian dari para mafia migas.

“Siapapun penguasanya pasti akan minum BBM (mafia migas). Ini menjadi tantangan terberat pemerintahan Jokowi untuk tidak terkooptasi oleh mafia migas,” ujar Direktur Indef, Enny Sri Hartati, di Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Enny mengatakan, dari awal saat mencalonkan presiden jualannya selalu dengan mafia migas. Namun demikian, pihaknya khawatir pemerintah terpilih akan tekooptasi dengan para mafia migas.

“Ini seperti teh botol, karena siapapun penguasanya pasti minumnya sama BBM,” tandas Enny.

Dia mengatakan, dalam menekan adanya mafia migas, pemerintah tidak lantas kemudian menaikan harga BBM tapi dengan cara mensukseskan diversikasi energi dengan menegmbangkan konversi BBM ke gas.

“Saya kira ini yang harus dikejar pemerintahan Jokowi ke depan, baru BBM dinaikkan,” kata dia.

Lebih lanjut Enny mengatakan, saat ini Indonesia sebagai net importir minyak sehingga sudah tidak pantas jika BBM justru menjadi sumber utama energi. Padahal masih banyak potensi energi yang bisa dikembangkan, bahkan harganya lebih murah.

“Seperti energi terbarukan, biofuel, bioethanol dan mengembangkan energi lain seperti panas bumi dan sebagainya itu,” katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)