Jonan Diminta Bangun KA di Seluruh Pulau Indonesia

Minggu, 26 Oktober 2014 - 20:27 WIB
Jonan Diminta Bangun...
Jonan Diminta Bangun KA di Seluruh Pulau Indonesia
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignatius Jonan, yang baru saja didapuk sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) diminta membangun kereta api (KA) di seluruh pulau Indonesia.

Pengamat Transportasi dari MTI (masyarakat transportasi Indonesia) Darmaningtyas menilai, saat ini transportasi KA masih terbatas di pulau Jawa dan Sumatera. Sementara di pulau-pulau lain, terlebih pulau terluar Indonesia belum terjamah transportasi tersebut.

"Ya, menuntaskan PR transportasi masih banyak. Contohnya, kereta kan baru ada di Jawa dan Sumatera. Pulau besar di Indonesia harus punya kereta api," ujarnya kepada Sindonews, Minggu (26/10/2014).

Dia mengatakan, Jonan memiliki PR untuk menambah jumlah kapal laut yang saat ini masih terbatas. "Pulau-pulau kecil masih sulit memperoleh sarana transportasi," ungkapnya.

Sementara transportasi udara, lanjut Darmaningtyas, perkembangannya sudah cukup baik tinggal diteruskan agar lebih baik.

"Saya kira yang harus dipikirkan untuk itu transportasi kereta api dan laut. Karena kalau kereta api itu bisnis yang menguntungkan, banyak pihak yang mau melakukan," terangnya.

Terlepas dari itu semua, lanjut Darmaningtyas, dirinya setuju atas pilihan Presiden Jokowi menjadikan orang nomor satu di PT KAI itu sebagai Menhub.

"Cocok saja Pak Jokowi mencari orang yang bekerja. Nah, Ignatius sudah membuktikan kerja baik di kereta api. Sehingga saya kira pengalaman itu bisa dipakai mempercepat penyelesaian infrastruktur transportasi," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)